Menjaga Indonesia

Makan Bareng di Lokasi TMMD, Menguatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

HABARI.ID, KENDAL I Anggota Satgas TNI TMMD Reguler ke- 109 Ta 2020 Kodim 0715/Kendal, benar benar tidak ingin ada jarak dengan warga Desa Sendang Kulon.

Banyak moment yang menyiratkan keakraban dan semangat kekeluargaan yang terbangun antara prajurit TNI dengan warga Desa Sendang Kulon.

Upaya membangun keakraban dengan warga setempat, juga turut dipelopori Komandan Kodim 0715/Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto S.T. Suasana akrab ini terlihat dari aktivitas sarapan pagi.

Tak ada yang terlihat istimewa. perwira TNI sekalipun tetap sarapan dengan menu seadanya. Mereka (TNI dan warga) makan bareng di dekat lokasi pengecoran jalan.

Salah satu warga Desa Sendang Kulon, Yasir mengatakan, makan (sarapan) bersama sudah menjadi tradisi. “Salah satu adat warga Desa Sendang Kulon yang tidak bisa dihilangkan sebelum kerja bakti, adalah makan bersama,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Satgas TMMD, Sertu Bambang Kristanto, bangga karena dapat belajar dan hidup berbaur dengan masyarakat. Baginya, ini akan menjadi pengalaman yang berkesan.

“Dengan ikut menyelami kehidupan masyarakat, memahami karakter masyarakat di desa ini, adalah sesuatu yang sangat berarti bagi kami prajurit TNI …,”

“Moment ini pula yang bisa mendekatkan kita dengan masyarakat. Dan bagi saya, membangun semangat kekeluargaan yang tanpa sekat menjadi hakekat dan roh dari kemanunggalan TNI dan rakyat,” ungkapnya.(rls/han/habari.id)