Lepas-Sambut Pangdam XIII/Merdeka, Ini Harapan Gubernur …

oleh
Foto bersama unsur pimpinan daerah dengan Pangdam XIII/Merdeka di Rudis Gubernur, Sabtu (25/01/2020)

HABARI.ID I Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Lepas Sambut Pangdam XIII/Merdeka di Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (25/1/2020) malam.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim, Sekretaris Daerah Darda Daraba, pimpinan OPD, kepala daerah kabupaten/kota serta unsur Forkopimda ikut hadir pada kegiatan tersebut.

Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Tiopan Aritonang dipindah tugaskan menjadi Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI.

Posisinya diganti Mayjend TNI Santos Gunawan Matondang yang sebelumnya menjabat Asisten Pengamanan (Aspam) Kesatuan Angkatan Darat.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyebut Mayjend TNI Aritonang memiliki andil yang sangat penting dalam pembangunan Korem 133/Nani Wartabone.

Tercetusnya ide pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) di Gorontalo, kata Rusli, juga merupakan inisiatif dari Mayjend bintang dua tersebut.

“Khusus untuk secaba, terlibat pembicaraan saya dengan beliau (Mayjend Aritonang) ketika kasad datang ke Gorontalo dalam rangka peresmian Korem …,”

“Kita sampaikan ke Kasad waktu itu, atas usul Pak Aritonang untuk membangun secaba. Ini aspirasi dari masyarakat juga teman-teman Bupati dan Walikota,” ungkap Rusli.

Rusli menambahkan dari 25 hektar lahan yang telah diserahkan kepada Korem 133/NWB, saat ini sebanyak lima hektar telah teralisasi. 20 hektar sisanya terus diupayakan.

“Beliau Pak Aritonang mengatakan, ‘kenapa kita tidak membangun secaba?’. Pak aritonang mengatakan, ‘Pak Gubernur di wilayah tiga provinsi saja baik Sulut, Gorontalo dan Sulteng saya masih membutuhkan kurang lebih 6000 prajurit, kalau di Gorontalo saja bikin secaba atau tamtama, itu masih peluang’. Beliau juga mengatakan mungkin juga di gorontalo ini bisa membangun kodamnya sendiri,” lanjut Rusli.

Diakhir sambutannya, Gubernur mengucapkan terima kasih untuk dedikasi Tiopan Aritonang selama menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka.

Sementara kepada Pangdam yang baru, Rusli atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat menyambut dengan hangat.

“Mudah-mudahan apa yang telah dilaksanakan Pak Aritonang, bisa dilanjutkan oleh pejabat yang baru. Selamat datang untuk Pangdam yang baru, sama-sama kita membangun Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah,” tutup Rusli.

Selain pisah sambut, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman tentang bantuan hibah untuk pembangunan markas Secaba dan pengadaan peralatan korsik antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Korem 133/NWB.

Pemerintah Kabupaten/Kota juga ikut memberikan dana hibah daerah untuk pembangunan barak dan ruang kelas secaba.(rls/fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.