Kunjungan Perdana Di Gorontalo, Wamenaker Beri Perhatian UPTD BLK Limboto

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, PEMPROV | Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo, Rabu (24/1/2024). Kedatangan wamen disambut dengan adat mopotilolo.

Wamenaker bersama rombongan tiba pada pukul 09.00 Wita menggunakan pesawat Garuda. Kemudian, rombongan menuju ruang vip terminal bandara lama dan melangsungkan adat mopotilolo.

banner 468x60

Kedatangan Afriansyah Noor disambut hangat oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. Menerima atasannya tersebut, Penjagub Ismail didampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dan unsur forkopimda.

Usai mengikuti prosesi penyambutan, Wamen Afriansyah Noor melakukan peninjauan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Limboto, untuk melihat langsung tempat tersebut, Wamenaker memberi perhatian pada kondisi gedung BLK Limboto.

Menurutnya, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) harus diimbangi dengan memberikan tempat pelatihan yang nyaman. Wamenaker Afriansyah mendorong pemerintah kabupaten maupun provinsi dapat membantu pembangunan gedung balai latihan kerja tersebut.

“Di sini tanahnya luas, areanya bagus, mungkin gedungnya perlu difasilitasi supaya lebih baik untuk kita gunakan dalam memberikan pelatihan yang nyaman. Kalau fasilitas Insya Allah kami bantu, tapi gedungnya saya harap dari pemkab bisa menyisihkan anggaran,” jelas Afriansyah.

Selebihnya, Wamenaker RI mendorong agar SDM di Gorontalo lebih memiliki kompetensi dan keterampilan. Hal ini melihat angka kemiskinan di Gorontalo 15 persen dan angka pengangguran 1,8 persen. Meskipun angka pengagguran ini terbilang rendah, namun dilihat kembali indeks rata-rata angka kemiskinan dihitung dari jumlah pengangguran.

banner 468x60

“Setiap kali saya kunjungan, saya selalu menghimbau pemerintah daerahnya agar kita membangun sumber daya manusia dengan pelatihan-pelatihan. Jangan hanya memikirkan infrastruktur tapi harus sejalan dengan pembangunan SDM,” ungkap Afriansyah.

UPTD BLK Limboto dibangun sejak tahun 2009. Empat bidang yang dikembangkan pada balai tersebut diantaranya pelatihan design grafis, pengelasan Smaw 3G, menjahit pakaian wanita dan menjahit pakaian pria. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di