KPU Pohuwato Lakukan Pemetaan TPS Hasil DP4

oleh

HABARI.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato, melakukan rapat kerja pemetaan TPS hasil singkronisasi daftar penduduk potensial pemilih (DP4) dan daftar pemilih berkelanjutan se-Kabupaten Pohuwato.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut ketua KPU Pohuwato Rinto W. Ali, Ketua Bawaslu Ramlan Sp, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Sofyan Rahmola, Kabid Pencatatan Sipil Loly Salim Polapa, perwakilan PPK se-Kabupaten Pohuwato.

Saat dikonfirmasi, Divisi Data dan Informasi KPU, Firman Ikhwan mengatakan jika kegiatan itu merupakan pemetaan TPS hasil singkronisasi DP 4 dengan dafar pemilih berkelanjutan KPU yang telah dilaksanakan dapa tahun 2022 kemarin.

” Nah, pemetaan TPS ini fungsinya ialah untuk memetakan pemilih berbasis TPS seusai dengan PKPU 7 pasal 15, dimana pemilih tersebut harus di susun berdasarkan TPS dan setiap TPS harus mempunyai 300 pemilih,” ujar firman. Kamis (19/01/2023).

Lebih jauh Firman menjelaskan, KPU pohuwato akan menyusun pemilih sesuai dengan jumlah TPS sebanyak 439 se-Kabupaten Pohuwato, dengan jumlah pemilih sementara 112.117 pemilih.

” Jadi jumlah pemilih ini masi sementara dan belum di mutakhirkan, nanti setelah kegiatan ini di petakan TPS dan di bentuk Pantarli. Maka akan dilakukan pencocokan dan penelitian, maka dari situ kita akan mengetahui jumlah dari keseluruhan pemilih, dan akan di tetapkan sebagai pemilih tetap pada bulan juni mendatang,” tuturnya.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Sofyan Rahmola menyampaikan, bahwa pemetaan TPS oleh KPU Pohuwato di bantu oleh PPK dan data yang di petakan tersebut merupakan hasil dari singkronisasi dengan DP 4, yang di serahkan oleh pemerintah pusat dengan data pemilih terakhir, yang kemudian di mutahirkan melalui daftar pemilih berkelanjutan. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di