KPA Kota Gorontalo: 19 Mahasiswa Positif HIV/AIDS

oleh
Ilustrasi

HABARI.ID, KOTA – 19 mahasiswa positif mengidap HIV/AIDS. Ini berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Gorontalo. Menurut Sekretaris KPA Kota Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, ada banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa tertular penyakit ini. Seperti hubungan seks, narkoba dan heterosex.

“Upaya yang dilakukan KPA Kota Gorontalo terhadap mereka, yakni melakukan pendampingan secara medis dan khusus, supaya mahasiswa ini tidak lagi dan dijauhkan oleh faktor-faktor yang menyebabkan mereka tertular penyakit tersebut,” ujar Yana, Jum’at (21/06/2019).

Dari penelusuran yang dilakukan KPA Kota Gorontalo, bahwa ke 19 mahasiswa yang positif menderita penyakit HIV/Aids ini merupakan masyarakat yang berasal dari luar Kota Gorontalo.

“Mereka paling banyak berasal dari luar Provinsi Gorontalo yang sedang kuliah di sini dan tinggal di kos-kosan atau penginapan,” terang Yana.

Ia berharap, pihak Perguruan Tinggi di Gorontalo khususnya yang ada di wilayah Kota, dapat bekerjasama dengan KPA Kota Gorontalo guna mencegah penularan dan menekan angka mahasiswa penderita penyakit HIV/AIDS.

KPA Kota Gorontalo, kata dr. Yana, sebelumnya pernah Seperti menggelar tes kesehatan untuk mendeteksi HIV/AIDS di Perguruan Tinggi.

“Pada tahun 2017 lalu, kami memecahkan rekor dalam tes kesehatan HIV/AIDS di salah satu kampus. Jumlah mahasiswa yang menjalani pemeriksaan kesehatan menembus angka 3000,” tutup Yana.(4bink/habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.