Menjaga Indonesia

Keamanan Data Kependudukan Kota Tak Mudah Dibobol

HABARI.ID I Data kependudukan adalah rahasia negara, yang wajib dilindungi oleh Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo.

Kaitan dengan hal itu saat ini beredar isu bahwa data kependudukan di beberapa daerah di tanah air, berhasil dibobol orang tidak bertanggungjawab.

Beruntung hal buruk itu tidak terjadi di Kota Gorontalo, karena data kependudukan masyarakat Kota Gorontalo yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo, terjaga aman dan sulit dibobol.

Hal ini diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo, Yusrianto Kadir, Kamis (03/06/2021).

Mantan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Gorontalo ini jelaskan, instansinya telah mengambil langkah antisipatif terlebih dahulu sebelum kabar tidak sedap itu beredar di permukaan publik.

Dan telah berkonsultasi dengan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI melalui zoom meeting, membahas upaya yang telah dilakukan jajarannya.

“Data Kependudukan di Kota Gorontalo dalam keadaan aman dan terjaga dgn baik. Karena dalam pelayanan administrasi kependudukan maupun Pemanfaatan Data Kependudukan yang diselenggarakan tidak menggunakan jaringan Internet Publik ..,”

“Dan tidak terhubung dengan Server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Server SIAK), sehingga resiko ancaman keamanan data dapat dicegah,” ujarnya.

Tidak hanya itu yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Gorontalo, dimana mereka melakukan penggantian Password Server serta mengaktifkan Firewall secara berkala di Server.

“Sehingga tidak mudah di Akses dari luar. Kami pun senantiasa memperbaharui anti Virus di server maupun di komputer pada loket layanan, agar aman dari virus ..,”

“Kami melakukan pengawasan yang ketat dan memastikan tidak ada aparatur yang membawa data kependudukan keluar kantor ..,”

“Serta mempertegas agar Komputer yang digunakan untuk data kependudukan, yang terhubung dengam Server tidak digunakan untuk hal-hal lain apalagi untuk bermain Medsos,” tegasnya.(bnk/habari.id).