Kadin Diminta Ikut Andil Dalam Pemulihan Ekonomi Di Gorontalo

oleh

HABARI.ID | Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengajak pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Gorontalo yang baru saja dilantik dapat bersinergi bersama pemerintah dalam pemulihan ekonomi di daerah. Hal itu diungkapkannnya saat menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus KADIN Gorontalo periode 2022 – 2027 di Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo, Sabtu (19/3/2022).

“Organisadi KADIN ini adalah organisasi yang dinamis dalam arti sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, tugas pengurus KADIN kedepannya akan sangat berat. Mengapa demikian? karena dalam dua tahun ini Indonesia mengalami pandemi covid19. Jadi prioritas sementara untuk sekarang ini, menurut bapak presiden antara rem dan gas yaitu prioritas pada kesehatan dan juga tidak menutup pada bagaimana kita bisa memulihkan ekonomi,” jelas Idris.

Idris menyebutkan salah satu strategi untuk pemulihan ekonomi di bumi serambi madinah ini diantaranya dengan mengundang investor. Ia meyakini dengan mengundang investor, sekali dayung dua pulau terlewati. Artinya, selain investor menanamkan modalnya di Gorontalo, pemberdayaan tenaga kerja lokal juga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Selain itu, KADIN Gorontalo diminta memperluas jaringan perdagangan agar bisa melakukan ekspor produk lokal baik itu bahan yang belum diolah dan sudah diolah. Menurut Idris, jika Provinsi Gorontalo hanya melakukan ekspor bahan mentah maka potensi kerugiannya lebih besar. Khususnya pada jangung dan padi yang harus memperhatikan pengolahan lahan dengan biaya yang tidak sedikit, pengadaan bibit dan pupuk berkualitas dengan harga yang mahal, dan pemberantasan hama.

“Sehingga itu, saya katakan sampai saat ini masih dengan situasi pandemi covid19. Oleh karenanya pengurus KADIN kedepan harus kerja keras, kerja cerdas, tuntas dan ikhlas. Insya allah semua yang kita laksanakan nanti pasti akan berhasil. Apalagi pelantikan pengurus KADIN ini dilaksanakan di gedung DPRD yang berarti memperhatikan rakyat,” ungkap Idris.

Mengatasi permasalahan tersebut, Idris meminta pengurus KADIN Gorontalo agar segera melakukan konsolidasi organisasi di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota. Pengurus KADIN Gorontalo kedepannya juga harus memiliki visi dan misi serta berkomitmen untuk kedepan Gorontalo lebih maju terlebih dalam memperhatikan UMKM di daerah. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.