Menjaga Indonesia

Jembatan Molintogupo, Rusli Resmikan, Hamim Ucapkan Terima Kasih

HABARI.ID I Jembatan yang menghubungkan dua wilayah baik Kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Selatan, peresmiannya berlangsung Senin (28/12/2020).

Pengguntingan pita, pemecahan kendi sampai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, menjadi bagian dari seremonial peresmina Jembatan Molintogupo.

Semua kalangan menyaksikan acara peresmian jembatan ini, mulai dari masyarakat umum, berstatus pelajar sampai dengan pejabat daerah kabupaten dan provinsi baik eksekutif juga legislatif.

Rasa bangga dari mereka yang menyaksikan dan meresmikan terlihat jelas, karena sukses menyelesaikan proses pembangunan jembatan penghubung kehidupan masyarakat di dua kecamatan.

Rusli berharap infrastruktur yang telah dibangun oleh Pemerintah Daerah ini, agar pemanfaatannya dimaksimalkan oleh masyarakat Kabupaten Bone Bolango.

“Saya berharap jembatan ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik, agar masyarakat di Kecamatan Suwawa Selatan bisa menjual, dan menikmati hasil buminya,” ucap Rusli, usai meresemikan jembatan tersebut.

Kadis PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto katakan, total anggaran pendanaan pembangunan Jembatan Molintogupo ini harusnya Rp 17,3 Miliar. Namun berubah menjadi Rp 15 Miliar akibat pandemi covid-19.

Namun demi kebutuhan rakyat, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie berhasil memperjuangkan anggaran di Pemerintahan Pusat melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 1,5 Miliar, sehingga seluruh berjumlah Rp 16,5 Miliar.

“Jembatan Molintogupo memiliki konstruksi rangka baja dengan dua kali bentang yaitu B60 dan B55, secara keseluruham memiliki panjang 115 meter …”

“Untuk lantai konstruksinya menggunakan lantai beton lebar tujuh meter, dengan rincian enam meter badan jalan, dan setengah meter untuk trotoar di kiri dan kanan pada badan jalan …”

“Jembatan ini juga telah dilengkapi dengam lampu penerang, untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat pengguna jalan dalam beraktivitas,” jelas Handoyo.

Sementara itu Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengucapkan terima kasih atas penyelesaian pembangunan infrastruktur tersebut, oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Jembatan ini sangat berarti bagi kami, khususnya warga di Kecamatan Suwawa Tengah, Suwawa Selatan, termasuk Kecamatan Botupingge …”

“Karena jembatan ini untuk penopang ekonomi warga, apalagi di Kecamatan Suwawa Selatan dan Kecamatan Botupingge, ada lebih kurang 15.000 warga Gorontalo yang ada di dua kecamatan tersebut,”ungkap Hamim.(dik/habari.id).