Jelang KTT G20, Anjungan Gorontalo Di TMII Segera Diperbaiki

oleh

HABARI.ID | Pemerintah Provinsi Gorontalo tengah menganggarkan perbaikan anjungan Gorontalo yang ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Hal tersebut dilakukan dalam rangka persiapan Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Oktober 2022. Kepastian perbaikan ini ditinjau langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, Sabtu (19/6/2022).

“Kita mengunjungi anjungan provinsi Gorontalo yang ada di Taman Mini ini. Pertama kita melihat fasilitas yang ada di sini, fasilitas ini kan sudah lama, nah mumpung ada momen dalam rangka G20 yang dilaksanakan di Bali dan di Jakarta tepatnya di TMII ini, anjungan akan kita renovasi. Kita bantu dengan anggaran sebesar Rp 200 juta,” kata Hamka.

Rencananya, perbaikan anjungan ini akan merenovasi bagian belakang anjungan untuk diperluas, serta bagian bawah akan dibuatkan aula. Hamka menilai ini ide terbaik, karena selain mencerminkan seni dan budaya Gorontalo, anjungan ini juga harus berguna bagi masyarakat Gorontalo yang merantau atau sedang studi di Jakarta.

“Sehingga bukan saja anjungan untuk memamerkan seni dan budaya, tapi bisa digunakan oleh masyarakat Gorontalo atau anak muda Gorontalo yang punya minat di kesenian, bisa berdiskusi atau membutuhkan fasilitas umum untuk rapat dan segala macam, jadi aula ini bisa difungsikan. Jadi bukan hanya sekedar pajangan harus ada aktifitasnya karena ini kan aset pemprov,” jelasnya

Anjungan Gorontalo sendiri menampilkan bangunan berarsitektur rumah adat Ma’lihe, berartio mahligai yang dianggap mewakili rumah adat Gorontalo. Ruangan bagian depan rumah terdapat pelaminan (puade). Selain itu, terdapat dua pasang pakaian pengantin Gorontalo, yang digunakan saat pernikahan.

Untuk bagian kamar di dalam rumah sendiri terdapat tempat tidur pengantin dan berbagai benda budaya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Gorontalo. Di halaman anjungan sendiri dilengkapi dengan sepasang patung penari Saronde,.

Kunjungan Hamka ke TMII didampingi Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba, Kepala Badan Penghung Gorontalo di Jakarta Albert Panigoro serta beberapa tokoh adat Gorontalo di Jakarta. (edm/habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.