Ini Total Zakat Fitrah yang Telah Disalurkan Baznas Kota

oleh
Baznas Kota Gorontalo saat menyalurkan Zakat Fitrah

HABARI.ID, KOTA – Total Zakat Fitrah yang telah disalurkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo pada Idul Fitri tahun ini, sebesar Rp. 345. 297.372. Dan jumlah Zakat Fitrah yang berasal dari para muzakki ini, sudah disalurkan kepada 2.315 Jiwa yang sebagian besarnya adalah fakir miskin di wilayah kota Gorontalo.

Untuk pengumpulan Zakat Fitrah ini, menurut Ketua Baznas Kota Gorontalo, Marzuki Pakaya, ada dua mekanisme yang dilakukan, pengumpulan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang berkedudukan di kelurahan dan pengumpulan zakat yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Gorontalo.

“UPZ kelurahan kemudian menyetor Zakat Fitrah ke Baznas Kota Gorontalo. Ada 45 UPZ yang sudah menyerahkan Zakat Fitrah yang terkumpul. Dan ada 5 UPZ yang tidak menyerahkan Zakat Fitrah,” kata Marzuki.

Di Baznas Kota Gorontalo juga tercatat jumlah jiwa/muzakki yang menyalurkan Zakat Fitrah melalui UPZ Kelurahan, ada sebanyak 12.589 jiwa.

“Total dari keseluruhan muzakki yang menyalurkan Zakat Fitrah di UPZ, sebesar Rp. 381.511.568. Untuk muzakki yang langsung menyerahkan zakat fitrahnya di Baznas ada sejumlah 488 jiwa. Jumlah yang terkumpul adalah Rp. 13.114.000 dan beras 192 Kg,” jelas Marzuki.

Jadi, total zakat fitrah yang terkumpul dan sudah masuk ke Baznas Kota Gorontalo dalam bentuk tunai, adalah sebesar Rp 394.625.568, dari 13.077 jiwa dan 192 kg besar.

“Total Zakat Fitrah yang telah disalurkan itu, setelah dipotong 5 persen untuk hak Amil UPZ Kelurahan, dan 7,5 persen untuk operasional. Jadi, Zakat Fitrah itu untuk dua asnab, fakir miskin dan Amil,” terang Marzuki, sembari mengatakan, Zakat Fitrah sudah tersalurkan sebelum Idul Fitri.(4bink/habari.id)

 

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.