Idah Ingin Kuliner Gorontalo Mendunia

oleh
Idah Syaidah Rusli Habibie, pembina PCPI DPD Gorontalo ketika melantik pengurus dan anggota PCPI Gorontalo

HABARI.ID, GORONTALO – Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) BPD Provinsi Gorontalo secara resmi dilantik oleh Idah Syaidah Rusli Habibie sebagai pembinan organisasi tersebut.

Pada kegiatan yang digelar di Maqna Hotel Jumat (03/05/2019) malam, Istri Gubernur Gorontalo ini berharap agar organisasi tempat berhimpunnya para chef hebat, dapat mengembangkan kuliner khas Gorontalo.

“Saya berharap, melalui PCPI ini semua anggota dan pengurus dapat mengembangkan aneka ragam kuliner khas Gorontalo, hingga bisa dikenal baik di tingkat nasional hingga internasional,” ujar Idah.

Sedikit menceritakan kuliner khas Gorontalo, Idah mengungkapkan, kuliner khas Gorontalo, beberapa tahun lalu sudah pernah menjuarai berbagai iven di tingkat Nasional. Ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Daerah, dan juga masyarakat Gorontalo.

Prestasi itu, kata Idah, sangat erat kaitannya dengan keberadaan PCPI DPD Provinsi Gorontalo. Dimana bisa melahirkan berbagai kreasi dan bisa menjadikan kuliner khas Gorontalo lebih dikenal.

Idah Syaidah Rusli Habibie saat bersama para chef yang tergabung dalam PCPI Gorontalo

“Gorontalo itu sangat unik, karena punya beragam macam kuliner. Ada satu istilah, kalau makanan terpedas itu ada di Gorontalo. Dari pedasnya saja, sudah terkenal. Kulinernya juga enak,” terang Idah.

Sementara itu Yani Axel Ketua PCPI DPD Provinsi Gorontalo menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya Idah Syaidah yang sudah mempercayakan amanat tersebut kepada PCPI.

Dia mengakui, Gorontalo sangat kaya akan kuliner lokal yang bisa diangkat di tingkat Nasional. Bahkan dirinya menganggap, mengangkat kuliner khas daerah, PCPI juga secara tidak langsung sudah mempromosikan pariwisata daerah.

“Kuliner adalah bagian dari pariwisata, lebih tepatnya wisata kuliner. Gorontalo sangat kaya akan kuliner khasnya. Ini juga yang mendorong kami untuk memperkuat profesi kami sebagai chef. Dimana kami bukan hanya bisa menyajikan makanan yang enak, akan tetapi harus mampu mengangkat kuliner Gorontalo,” terang Yani.

Hal senada juga diungkapkan Oki Pramanah, Wakil Ketua DPD PCPI Provinsi Gorontalo, banyak program kerja yang sudah dipersiapkan PCPI kedepan. Salah satunya mengangkat kuliner Gorontalo ke pasar global, seperti melalui pameran kuiliner.

“Menurut saya, untuk memasuki pasar global, ada banyak cara. Contohnya pameran kuliner, jadi kami bukan hanya mempertunjukkan profesionalisme kami sebagai Chef, namun kami turut memasarkan kuliner daerah di kancah lebih tinggi lagi. Apalagi peserta atau anggota PCPI DPD Provinsi Gorontalo, ada sebanyak 60 orang, memungkinkan bagi kita untuk melakukan berbagai kreasi,” tutup Oki.(4bink/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.