Hebat, Kakao Gorontalo Wakili Indonesia di Ajang Cocoa Of Exellence 2023 Italy

oleh

HABARI.ID – Biji kakao (cokelat) yang berasal dari Gorontalo dipastikan akan mewakili Indonesia dalam ajang Cocoa Of Excellence 2023 yang akan diadakan di Negara Italy.

Hal itu dipastikan oleh Abdullah Diko yang sebelumnya telah mengirimkan sampel biji kakao-SUL 02 dan berhasil masuk kedalam 9 besar jenis kakao yang lolos seleksi nasional untuk ikut dalam ajang Cocoa Of Excellence 2023.

“Alhamdulillah, biji kakao kita terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti seleksi Cita Rasa Kakao Internasional Cocoa of Exellence 2023 di Italy,” ungkap pendamping kelompok petani kakao di Kecamatan Taluditi, Abdullah Diko.

“Hutan dan keanekaragaman hayati yang masih terjaga dan komitmen yang tinggi para petani Taluditi untuk memperaktekan pertanian berkelanjutan, membuat biji kakao kita dinilai memiliki cita rasa kuat dan specialty premium,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Anggota DPRD Pohuwato itu juga berharap kakao Gorontalo Indonesia akan masuk dalam 50 kakao terbaik dunia dan dapat mengharumkan Kakao Indonesia di Kancah Internalsional.

Cocoa Of Excellence sendiri merupakan kegiatan yang memberikan apresiasi kepada penghasil biji kakao berkualitas tinggi, yang diselenggarakan setiap dua tahun dengan memilih 50 besar kakao terbaik dari berbagai negara dan akan dipublikasikan pada bulan September-Desember 2023 mendatang. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di