Menjaga Indonesia

Hadapi Perebakan Covid-19, BPBD Bentuk Satgas

HABARI.ID I Satuan Tugas penanggulangan penyebaran virus corona (Covid-19) di Provinsi Gorontalo segera dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tiap daerah.

Hal ini merupakan hasil pertemuan para pimpinan BPBD pada forum koordinasi Peningkatan Kapasitas Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) yang diikuti personel BPBD provinsi, kabupaten dan kota di hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Senin (16/3/2020).

Merebaknya penyebaran virus Corona di Indonesia ini mendapat tanggapan pada Forum koordinasi yang dihadiri personel BPBD di provinsi Gorontalo.

Mereka bersepakat menentukan langkah yang dilakukan oleh BPBD provinsi dan kabupaten/kota untuk menghadapi wabah pandemi ini.

“Yang pertama disepakati adalah BPBD provinsi dan kabupaten/kota membentuk satuan tugas yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah masing-masing. Yang Ex Officio sebagai Kepala BPBD. Wakil Satgas dari Unsur TNI, Polri dan Kepala BPBD, serta Sekretarisnya Kadis Kesehatan,” kata Sumarwoto, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, Senin (16/3/2020).

Satgas ini akan bekerja melakukan koordinasi dan di lapangan membantu masyarakat menangani penanggulangan penyebaran virus Corona.

“Satgas ini akan membuat rencana aksi jangka pendek, menengah dan jangka panjang untuk menangani pencegahan penularan dan mengobati orang yang sakit. Memastikan orang yang sehat tidak tertular. Akhirnya mari kita berdoa semoga Gorontalo aman dan dihindarkan dari bencana virus Corona,” ujar Sumarwoto.(rls/fp/habari.id)