Gubernur Rusli Apresiasi Pelaksanaan Tradisi Ketuk Sahur Perdana

oleh

HABARI.ID | Gubernur Gorontalo Rusli Habibie turut serta mengikuti tradisi warga  Kelurahan Tenda,  Talumolo dan Kampung Bugis yang menggelar tradisi ‘Kokoo” atau ketuk sahur perdana. Tradisi ini untuk membangunkan sahur, juga bentuk kebahagiaan karena dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan.

Ratusan warga Kelurahan Tenda,  Kampung Bugis dan Talumolo berkumpul mengambil star di depan Rudis Gubernur, Minggu shubuh (3/4/20221). Dengan berjalan kaki, warga akan berkeliling sambil memukul pentungan bambu dan diiringi lagu religi untuk membangunkan warga untuk bangun sahur dan memulai ibadah puasa.

“Ini tradisi sudah turun temurun. Tapi kita ketahui bersama bahwa acara seperti ini sejak dua tahun lalu sempat tidak dilaksanakan secara meriah, karena situasi pandemi covid-19. Malam ini dilaksanakan lagi tradisi seperti ini, saya senang, saya bahagia,” kata Rusli saat melepas warga yang ikut ketuk sahur. Ketuk sahur merupakan acara tahunan yang digelar di bulan Ramadan. Pada awal dan akhir Ramadan diselenggarakan lebih meriah.

“Kita patut mensyukuri nikmat ini bahwa kita masih dipertemukan dengan puasa Ramadhan 1443 H. Mari kita jaga terus tradisi ketuk sahur yang dilaksanakan oleh masyarakat saya di kelurahan Tenda, Kampung Bugis dan Talumolo. Kebetulan saya sudah menjadi penduduk kampung tenda, jadi saya harus ikut serta. Saya lihat persiapan ini sangat maksimal, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua,” ucap Rusli.

Hal senada juga disampaikan Fikram Salilama selaku anggota dewan provinsi Gorontalo yang juga penanggung jawab kegiatan ketuk sahur ini menyampaikan sejarah tradisi ketuk sahur sudah dilaksanakan sejak dahulu kala. Tradisi ini harus terus dibudayakan, karena menjadi ciri khas tersendiri bagi warga Kelurahan Tenda, Kampung Bugis dan sekitarnya.

Setelah dilepas oleh gubernur, rombongan berjalan dari rumah jabatan berkeliling kembali sambil membangunkan sahur. Selain orang dewasa, remaja dan anak-anak pun antusiastis dan turut serta membangunkan sahur hari puasa pertama tahun ini. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.