Gorut Ukir Prestasi di Tengah Covid-19, Dua Desa di Kancah Nasional

oleh
covid-19
Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Gorontalo Utara, Badar Pakaya.
banner 468x60

HABARI.ID I Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Kabupaten Gorontalo Utara, untuk mengikur prestasi. Terbukti, dua diantara 123 desa berhasil mewakili Provinsi Gorontalo, di kancah Nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata 2021.

Dua desa tersebut masing-masing Desa Kotajin Utara Kecamatan Atinggola, dan Desa Buladu Kecamatan Sumalata Timur, yang dinilai memiliki keunggulan wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

banner 468x60

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Gorontalo Utara, Badar Pakaya jelaskan Jumat (23/07/2021) sebelumnya Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengiri data desa yang memiliki potensi dan keunggulan wisata.

“Kami bersyukur dari Kabupaten Gorontalo Utara ada dua desa. Untuk Kotajin Utara dengan destinasi wisatanya Pantai Minanga juga legenda Kotajin, sementara Buladu Pantai Dionumo,” ujarnya.

Terpenting dalam ajang tersebut, kementerian terkait menilai secara objektif bahwa potensi wisata yang ada di dua desa itu, dikelola aktif oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat.

“Bahkan penilaian itu masuk dalam kategori khusus, dari tujuh kategori yang ada. Diantaranya, CHSE, desa digital, suvenir, kuliner, mode, kriya, daya tarik wisata, misalkan alam, budaya, buatan, konten kreatif, homestay, dan toilet ..,”

“Akhir tahun ini pada Bulan Desember akan datang, kementerian terkait akan mengumumkan. Meski baru masuk dalam deretan desa wisata, kami sudah bersyukur, apalagi kalau dapat juara ..,”

banner 468x60

“Hal positif selain prestasi, yang kami dapatkan adalah promosi wisata yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, sehingga bisa dikenal dunia,” pungkasnya.(wi/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan