Menjaga Indonesia

Gorontalo Jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2021

HABARI.ID | Provinsi Gorontalo terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) atau Festival Ekonomi Syariah Indonesia 2021 untuk wilayah Kawasan Indonesia Timur (KIT). Hal ini dipastikan dari pertemuan yang dilakukan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto, di Rujab Gubernur Kamis (10/6/2021).

“Kami hari ini menemui pak gubernur untuk membahas agenda besar yang akan dilaksanakan di Provinsi Gorontalo. Festival ekonomi syariah ini adalah kegiatan nasional, namun Gorontalo adalah tuan rumah untuk wilayah KIT. KIT ini membawahi provinsi Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Bali. Ada juga untuk wilayah Sumatera dan Jawa, namun wilayah timur ini yang paling besar,” ungkap Budi usai pertemuan.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan penyelengaraan ISEF 2021 akan digelar dengan berbagai rangkaian acara, diantaranya diskusi atau talkshow, seminar, pelatihan produk-produk ekonomi syariah bagi UMKM-UMKM.

Ada pula lomba-lomba seperti lomba duta ekonomi syariah, pengetahuan ekonomi dan keuangan syariah, lomba nasyid dan lomba-lomba yang lain yang berhubungan dengan masjid.

“Karena masih dalam masa pandemi covid-19 rencananya kita akan lakukan secara online atau via daring, tapi nanti juga ada yang kita lakukan secara tatap muka. Contohnya pembukaannya nanti, tapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Intinya kegiatan ini akan mengakselerasikan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai kekuatan baru,” jelasnya.

Sementara itu melalui video testimoninya, Gubernur Rusli memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan ISEF 2021 untuk kawasan Indonesia timur, dengan Provinsi Gorontalo sebagai tuan rumah. Ia berharap semua pihak untuk bersama-sama ikut menyukseskan kegiatan ini.

“Mari sama-sama kita menyemarakkan acara ini. Ini dalam rangka mewujudkan Provinsi Gorontalo sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di kawasan Indonesia Timur,”tuturnya.

Penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia ini direncanakan akan berlangsung mulai tanggal 27 Juli sampai dengan 3 Agustus 2021 mendatang. (edm/habari.id)