Menjaga Indonesia

Kampanye Gemarikan Kian Masif di Jatim, Arumi Bachsin: Makan Ikan Bisa Cegah Stunting, Tingkatkan Imunitas Tubuh

HABARI.ID, KABUPATEN BLITAR I Kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di Jawa Timur terus digalakkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jatim dan Pemkab Blitar.

Forikan Jatim yang diketuai Arumi Bachsin Emil Dardak ini, punya andil besar dalam mencegah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (stunting) dan menjaga daya tahan tubuh di saat pandemi Covid-19 melalui gerakan masif Gemar Makan Ikan.

Selain berkampanye, Pengurus Forikan Jatim dan Pemkab Blitar juga menyerahkan bantuan paket Gemarikan di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Selasa (14/07/2020).

Ketua Forikan Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, paket Gemarikan yang dibagikan sebanyak 150 paket diberikan untuk balita stunting dan warga kurang mampu.

Isi paket tersebut terdiri dari 2 kaleng sarden, 2 buah kaleng tuna, 1 tas berisi olahan ikan beku sebanyak 10 buah dengan total berat 5 kg, masker 3 buah serta 1 kg Ikan Nila dan 1 kg Ikan Gurami yang dibeli dari pembubidaya ikan di wilayah Kabupaten Blitar.

Makan Ikan
Forikan Jatim Kampanyekan Gemarikan di Kabupaten Blitar. Ini menjadi salah satu upaya mencegah stunting dan menjaga daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19.[foto_istimewa]
“Ikan Nila dan Gurami dipilih dengan maksud agar pembudidaya ikan di Blitar mendapatkan pemasukan di masa pandemi covid-19 ini,” ujar Ketua Forikan Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Di kesempatan yang sama, Ketua Forikan Kabupaten Blitar, Hj. Ninik Rijanto menyampaikan, di tengah perebakan virus Corona, pemenuhan asupan gizi, terutama pada anak usia balita, sangat penting.

Ia kemudian mengajak seluruh masyarakat agar semakin gemar makan ikan bersama keluarga. Karena selain harganya murah dan terjangkau, juga berlimpah nutrisi.

“Rutin mengkonsumsi atau makan ikan, dapat mempercepat perkembangan balita dan mencegah gejala kekerdilan (stunting),” Imbuhnya.(tos/habari.id)