Gelar Kehormatan Untuk Paus Sastra Indonesia

oleh
paus
Habari.Id
banner 468x60

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Sosok berjuluk Paus Sastra Indonesia itu, kini tengah diperbincangkan, didiskusikan dan ramai-ramai diperjuangkan jasanya dan diberikan gelar Pahlawan Nasional.

Sosok Paus Sastra Indonesia itu siapa lagi kalau bukan Hans Bague Jassin, pengarang, penyunting dan kritikus sastra kelahiran 31 Juli 1917 di Gorontalo dan wafat 11 Maret 2000 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta.

banner 468x60

Proses perjuangan gelar Pahlawan Nasional untuk Paus Sastra Indonesia yang akrab disapa H.B Jassin ini, masih terus berlangsung. Mulai dari tingkat bawah sampai dengan Selasa (22/02/2022) melalui seminar nasional, yang dihadiri hampir semua pimpinan daerah di Gorontalo dan nasional. Tidak terkecuali Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, yang diketahui sangat mengidolakan H.B Jassin sejak dulu.

Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini jelaskan, sosok H.B Jassin sangat layak diberikan gelar pahlawan nasional. Karena, selain menjadi inspirasi bagi masyarakat khususnya Kota Gorontalo.

Kontribusi yang diberikan H.B Jassin bukan hanya dirasakan oleh masyarakat Gorontalo pada umumnya, akan tetapi turut serta dinikmati perjuangan H.B Jassin oleh masyarakat Tanah Air.

“Secara khusus, karya-karya H.B Jassin memberikan manfaat besar terhadap masa depan generasi muda dan bangsa. Dalam skala daerah seperti Kota Gorontalo yang memiliki banyak perguruan tinggi baik negeri dan swasta, karya-karya H.B Jassin membantu generasi muda untuk menulis essay, puisi, prosa, dan kritik sastra yang bersifat deduktif dan aspiratif ..,”

“Bahkan, tidak sedikit karya-karya H.B Jassin dijadikan mahasiswa dalam teater baik yang dilaksanakan pada momen tertentu atau event besar lainnya,” ujarnya.

banner 468x60

Pemerintah Kota Gorontalo sendiri tambah Wali Kota Gorontalo, sangat mendukung pemberian gelar pahlawan terhadap H.B Jassin.

Karya-karya yang dilahirkan H.B Jassin sampai dengan saat ini masih hidup, dan telah banyak dipersembahkan untuk Negeri bukan hanya sampai di mancanegara tetapi sudah dikenal dunia.

Amerika Serikat dan Australia saja sangat mengakui karya-karya H.B Jassin, bahkan Pemerintah Australia sendiri sempat memberikan penghargaan pada Cultural Visit Award kepada H.B Jassin.

“Maka dari itu, kami sebagai warga Gorontalo dan bangsa Indonesia, sangat mendukung dan siap memperjuangkan H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan