Deprov Terus Godok Sejumlah Nama Calon Penjagub Gorontalo

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, DEPROV | DPRD Provinsi Gorontalo tengah berada dalam proses menentukan pengganti Ismail Pakaya sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo yang masa jabatannya akan berakhir 12 Mei 2024. Sebanyak tujuh fraksi di Puncak Botu tersebut sedang aktif merumuskan siapa yang akan mengisi posisi tersebut, Kamis (25/04/2204).

Fraksi-fraksi DPRD Gorontalo menemui tantangan kompleks, karena mereka harus mempertimbangkan beberapa faktor penting dalam menentukan calon pengganti. Salah satunya adalah kemungkinan Ismail Pakaya untuk kembali menjabat sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.

banner 468x60

Meski demikian, fraksi-fraksi lainnya juga tengah mencari alternatif baru dengan mengusulkan nama-nama baru sebagai calon penjabat Gubernur Gorontalo, menjadikan proses ini semakin menarik untuk diikuti oleh masyarakat Gorontalo.

Fraksi Demokrasi Hati Nurani Bangsa yang dipimpin oleh Erwinsyah Ismail, telah mencapai kesepakatan atas dua nama calon penjabat Gubernur. Namun, identitas kedua calon tersebut belum diungkapkan secara resmi oleh Ketua DPD Partai Demokrat itu.

Namun demikian, dia memberikan petunjuk bahwa salah satu dari mereka merupakan pejabat eselon satu di pemerintahan pusat, sementara yang lainnya adalah pejabat lokal di Pemerintahan Provinsi Gorontalo.

“Dua nama itu adalah, satu dari mereka merupakan pejabat lokal di pemerintahan Provinsi Gorontalo, dan yang lainnya adalah pejabat eselon satu di tingkat pusat,” ungkap Erwin Ismail.

Proses penentuan calon pengganti Ismail Pakaya tidak lagi dilakukan secara terbuka seperti sebelumnya. Nama-nama calon penjabat gubernur yang diusulkan oleh fraksi akan langsung diserahkan kepada pimpinan DPRD Jumat 26 April 2024.

banner 468x60

Selanjutnya, Senin 29 April 2024 mendatang nama-nama tersebut akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tahap selanjutnya dalam proses penentuan.

“Pekanini kita akan menyerahkan kepada pimpinan. Jadi tidak akan ada lagi pembahasan terbuka, melainkan kita hanya akan mengumpulkan beberapa nama dan kemudian menyerahkan kepada pimpinan. Pimg hari Jumat kita akan mengajukan dan hari Senin akan kita serahkan kepada Kemendagri,” tandasnya. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60