Cuaca Ekstrim, Dirlantas Polda Minta Pengendara Tingkatkan Kewaspadaan Berkendara

oleh

HABARI.ID | Dirlantas Polda Gorontalo Kombes Pol Arif Budiman meminta seluruh pengendara, baik roda dua dan roda empat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara. Sebab, cuaca di Provinsi Gorontalo yang begitu ektrim akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang membuat kondisi jalanan semakin licin, Senin (18/07/2022).

Kombes Pol Arif Budiman menegaskan, selain wajib melengkapi seluruh atribut berkendara atau safety riding, berupa menggunakan helm maupun jas hujan dan perlengkapan lain yang bisa melindungi diri dari cuaca, serta faktor kendaraan harus lebih dipersiapkan dengan matang.

“Contohnya fungsi pengereman dan ban kendaraan, karena bagaimanapun kalau situasi hujan maka jalanan semakin licin, kalau kondisi ban sudah gundul maka akan sangat berbahaya beresiko baik diri sendiri maupun pengendara lain. Intinya jangan ngebut ngabutan, tetap tertib berlalu lintas ” jelas Kombes Pol Arif Budiman.

Khusus untuk pengguna roda empat, ia menghimbau agar memperhatikan kondisi wiper atau pembersih kaca depan mobil. Pasalnya, dengan kondisi cuaca hujan lebat saat ini atribut tersebut sangat bermanfaat. “Kondisi wiper itu harus dicek, supaya pada saat terjadi hujan fungsi wiper ini bisa maksimal dan tidak menghalangi pandangan pengemudi,” kata Kombes Pol Arif Budiman.

Sebelumnya, sekitar pukul 09:20 Wita kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan A. Wahab, Kecamatan Tuladenggi, Kabupaten Gorontalo. Peristiwa tersebut telah menewaskan seorang pengendara sepeda motor dengan nomor polisi DM 2673 HS, usai terlindas mobil box DM 8149 BC.

Pengendara sepeda motor berusia 40 tahun itu awalnya sedang menuju ke arah Limboto dan Talaga. Akan tetapi saat akan mendahului mobil box tersebut di seputaran Koramil Telaga Biru melalui jalur kiri, motor tersebut seketika oleng dan terjatuh ke aspal, akibatnya mobil dari arah belakang langsung melindas dan mengakibatkan korban meninggal dunia. (Dik/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.