Menjaga Indonesia

Cegah Perebakan Wabah Corona, Wali Kota Minta Petugas Datangi Rumah Warga

HABARI.ID I Mencegah perebakan wabah Corona di wilayah kota Gorontalo, Wali Kota Marten Taha memerintahkan petugas Puskesmas untuk mendatangi rumah warga. Menurut Marten, ini penting sebagai upaya pencegahan dan men-tracking warga  yang masuk dalam kategori ODP (orang dalam pemantauan).

Tracking terhadap masyarakat yang masuk dalam kategori ODP, tidak hanya terkait dengan kesehatan mereka saja …,”

“Petugas harus mengetahui secara jelas, apakah mereka adalah masyarakat yang datang dari luar Gorontalo atau sempat melakukan perjalanan ke daerah perjalanan di daerah yang sudah terinifeksi Covid 19 …,”

“Dan kegiatan ini harus dilakukan seluruh petugas kesehatan sampai ke rumah-rumah warga,” tegas Marten.

Wali Kota juga meminta kepada pihak RSUD RSAS Kota Gorontalo, untuk menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk penanganan Covid 19 mulai dari peralatan, logistik maupun SDM.

“Dari delapan orang yang dilayani RSAS, empat pasien diantaranya dinyatakan negatif. Dari informasi yang disampaikan oleh pihak RSAS, hasil pemeriksaannya terhadap sisanya empat pasien, hanya menderita gejala penyakit ringan. Meski begitu, RSAS harus tetap menyiapkan diri,” jelas Marten pada rapat Forkopimda, Senin (23/03/2020).

“Penanganan wabah Corona, harus disikapi secara sinergi, mulai dari pemerintah daerah, aparat hukum, kesehatan, tokoh agama, masyarakat, harus bergotong royong melakukan upaya-upaya terbaik,” tutup Marten.(4bink/habari.id)