Menjaga Indonesia

Cegah Corona, Gorontalo Mulai Action

HABARI.ID I Kendati wilayah Provinsi Gorontalo masih dinyatakan bebas penyebaran virus corona. Langkah antisipasi terus gencar dilakukan Pemerintah Provinsi (pemprov) Gorontalo melalui gerakan Gorontalo Bergerak Cegah Corona.

Gerakan yang dicanangkan Jumat (20/3/2020) itu dipimpin langsung Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. Yakni dengan melakukan aksi bersih-bersih lingkungan. Mulai dari lingkungan rumah hingga tempat dan fasilitas umum. Termasuk tempat ibadah.

Dalam gerakan Gorontalo Bergerak Cegah Corona juga turut dilakukan penyemprotan desinfektan. Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo.

Gubernur Rusli Habibie mengemukakan, kegiatan Gorontalo Bergerak Cegah Corona ini dilakukan serentak di seluruh Provinsi Gorontalo. Selain Pemprov Gorontalo, kegiatan serupa juga dilakukan oleh para bupati/wali kota se-Gorontalo.

“Kegiatan ini akan terus berjalan dan dilakukan secara berkesinambungan. Sebab selain mengantisipasi corona, kita juga diperhadapkan dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) …,”

“Oleh karena itu saya berharap partipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Rusli Habibie.

Rusli Habibie menekankan, Pemprov Gorontalo bersama seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) akan terus menjalankan gerakan Gorontalo Bergerak Melawan Corona. Sosialisasi tentang corona akan dilakukan secara berkesinambungan ke berbagai lapisan masyarakat.

“Kita akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat. Apa sih itu corona. Kemudian bagaimana cara mencegahnya. Agar masyarakat tidak bingung. Jadi dikenali dulu corona itu apa, cara penularannya seperti apa, dan bagaimana pencegahannya,” tutur Gubernur Gorontalo dua periode itu.

Lebih lanjut Rusli Habibie mengimbau agar warga Gorontalo tetap tenang, dan senantiasa mewaspadai penyebaran virus corona.

Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota di Gorontalo sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini, terus melakukan berbagai upaya pencegahan virus corona.

“Hari ini kita turun bersama-sama dengan TNI, Polri, PMI dan jajaran terkait untuk mencegah virus corona. Jadi masyarakat diharapkan tak usah panik, tetap produktif, serta senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” imbau Rusli Habibie.

Sebelumnya, peluncuran gerakan Gorontalo Bergerak Cegah Corona ditandai dengan membunyikan klakson dan sirene. Bersamaan dengan itu, dilakukan aksi bersih-bersih lingkungan. Untuk Pemprov Gorontalo, aksi bersih-bersih mengambil titik di seputaran Masjid As-Syahidah, Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI, Idah Syahidah, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Ketua PMI Gorontalo, Ishak Liputo, serta unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo.(fp/habari.id)