BNNP – Kadin Berkolaborasi Berdayakan Masyarakat di Kawasan Rawan Narkoba

oleh

HABARI.ID | Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Gorontalo. Kolaborasi ini dilakukan untuk memberdayakan masyarakat di kawasan rawan narkoba, Senin (23/05/2022).

Kerjasama dalam membuat masyarakat lebih produktif ini memang sangat tepat untuk dilakukan. Apalagi BNNP Gorontalo sendiri saat ini sedang menggagas Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Salah satu tujuan dari Desa Bersinar ini tak lain adalah untuk mencegah masyarakat atau daerah tersebut bebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkotika dengan melakukan berbagai kegiatan yang produktif.

Keberadaan KADIN Provinsi Gorontalo memang sagat tepat, karena ada berbagai program yang diusung pada desa binaan BNNP Gorontalo nanti, antara lain pembuatan batako hingga memproduksi minnyak goreng.

Kepala BNNP Gorontalo, Brigjen Pol Sukandar mengatakan bahwa kerjasama ini tak lain adalah untuk menyinkronkan kegiatan BNNP dan KADIN. Ia menilai, tak sedikit program dari KADIN yang tepat untuk memberdayaakan alternatif bagi masyarakat di desa binaan.

“Seperti memproduksi jajanan di UMKM, melakukan kegiatan di bidang pertanian dan perikanan yang muaranya hasil dari produksi nanti bisa dipasarkan oleh masyarakat. Jadi akan akan ada pendampingan langsung dari KADIN Gorontalo,” kata Kepala BNNP Gorontalo, Brigjen Pol Sukandar.

Brigjen Pol Sukandar berharap melalui kerjasama ini, masyarakat yang bakal diberdayakan di Desa Berinar bisa memeberikan produk dan hasil yang berkwalitas baik serta ada nilai di pasaran.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Gorontalo, Vera Verial jika di KADIN memiliki 30 wakil ketua umum dengan berbagai program kegiatan. Dan masing-masing program itu bakal disinergikan di Desa Binaan tersebut.

“Jadi Des Bersinar dari BNNP Gorontalo akan kami kolaborasi dengan KADIN dan menjadi pilot project dari desa binaan para KADIN Gorontalo. Program tersebut antara lain, pembinaan UMKM, pembuatan minyak kelapa, pembuatan kue dan di bagian lingkungan hidup kita akan mebiasakan masyarakat terhadap penataan lingkungan bersih dan sehat,” jelas Vera Verial.

Tak hanya itu, Bidang Lingkungan Hidup KADIN Provinsi Gorontalo pun akan memberikan arahan bagi masyarakat untuk mengelola sampah organik dan non organik untuk diproduksi untuk menjadi produk bernilai ekonomis. “Kerjasama ini kami mulai dari hari ini sampai periode saya selama lima tahun ke depan,” tandasnya. (Dik/Habari.id)