Bersama, Berkarya, Berjaya, Jadi Tema Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke – 731 Tahun

oleh
banner 468x60

Mojokerto, HABARI.ID | Pemerintah Kabupaten Mojokerto melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto di halaman Pendopo Graha Maja Tama Kantor Bupati Mojokerto Jl. Ahmad Yani No.16, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Kamis (9/5) pagi.

Upacara peringatan tersebut adalah puncak dari perayaan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto yang ke -731 Tahun. Undangan upacara dihadiri oleh Bupati Mojokerto , Wakil Bupati dan , PJ Walikota Mojokerto, Ketua Bakorwil Bojonegoro, Forkopimda Kabupaten Mojokerto ,Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Kepala OPD beserta istri, Mantan Pejabat dan Tokoh Masyarakat, Ketua LVRI & Ketua PWRI , Forkopimca se Kabupaten Mojokerto, Pejabat Vertikal, Ketua Organisasi Wanita, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Mojokerto.

banner 468x60

Semua peserta undangan upacara memakai kostum adat, termasuk ibu Bupati yang bertindak sebagai inspektur upacara juga berbusana adat mojoputri.
Momen rangkaian hari jadi yang ke 731 tahun ini bertema “Bersama, Berkarya, Berjaya” . Sesuai dengan tema Hari Jadi tersebut Bupati berharap seluruh masyarakat untuk bekerja keras bersama-sama untuk bangkit dan maju di era baru berdampingan dengan covid 19 sehingga terwujud Kabupaten Mojokerto yang lebih maju adil dan makmur melalui penguatan infrastruktur di segala bidang serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Orang nomor satu di Pemkab Mojokerto tersebut menerangkan, bahwa “Penetapan hari jadi Kabupaten Mojokerto adalah tanggal 9 Mei 1293 dan hal itu telah melalui diskusi panjang dengan memperhatikan berbagai fakta sejarah terkait rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat itu.Sehingga momen tersebut, dapat dijadikan sebagai konsideran utama untuk membuat keputusan politik DPRD Kabupaten Mojokerto sebagai hari jadi Kabupaten Mojokerto melalui Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor: 9 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang persetujuan penetapan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto.

“Yang selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati Kepala Daerah tingkat II Mojokerto Nomor: 230 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Mojokerto,” terang Bupati Ikfina. Ibu Bupati juga menyampaikan beberapa penghargaan yang diraih sejak beliau menjabat dari tahun 2021 hingga Mei 2024, Pemkab Mojokerto telah mendapatkan 259 penghargaan. Dengan rincian, 47 penghargaan pada tahun 2021, 79 penghargaan tahun 2022, 117 penghargaan tahun 2023, dan 16 penghargaan per Mei 2024.

“Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga telah meraih berbagai prestasi membanggakan yaitu Opini WTP untuk ke-10 kalinya atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023, Penghargaan Review Sistem RIT dari Komisi Aparatur Sipil Negara dengan skor 263 (kategori baik), Parahita Eka Praya Award 2023 kategori Nindia. Anugerah Kabupaten Sehat 2023 Kategori Swasti Saba Padapa, Penghargaan universal health coverage 2023, Top BUMD Award untuk BPR Majatama dan Perumda Majapahit”, jelas Bupati Ikfina.

Bupati Perempuan pertama Mojokerto ini juga telah mewujudkan komitmen pembangunan di Kabupaten Mojokerto dengan meresmikan beberapa proyek secara simbolis. Diantaranya, rehabilitasi Mal Pelayanan Publik oleh DPMPTSP dengan alokasi Rp 4,06 miliar, Rehabilitasi Jalan Kemlagi Beratkulon di Desa Mojopilang oleh Dinas PUPR dengan alokasi Rp2,3 miliar, pembangunan gedung Sekretariat Bersama Lembaga dan Organisasi Keagamaan dengan anggaran Rp1,06 miliar, rehabilitasi Puskesmas Kemlagi oleh Dinas Kesehatan anggaran Rp1,8 miliar.

banner 468x60

“Pembangunan Gudang Penyimpanan Tembakau dan Rumah Fermentasi oleh Dinas Pertanian dengan anggaran Rp 340 juta, pembangunan Zona Aktif 2 TPA Karangdiyeng dengan anggaran Rp1,3 miliar, pembangunan RTH Taman ‘Sekumpul Mojo’ di Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi dengan anggaran Bantuan Desa Rp4 miliar,” jelas Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina tak lupa juga mengucapkan rasa terimakasih nya terhadap semua pihak yang hadir, semua pihak yang berpartisipasi dalam rangka mensukseskan acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto yang ke -731 tahun, yang sebelumnya telah berhasil melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan penunjang peringatan perayaan hari jadi termasuk kegiatan perlombaan, event budaya, event keagamaan dan kegiatan kenduri tumpeng sebanyak 731 tumpeng.
Di sela-sela upacara peringatan HUT Kabupaten Mojokerto yang ke-731 ini juga menampilkan berbagai prestasi kesenian pelajar yang menampilkan tari kolosal Mustika Pinilih yang perform menghibur peserta Upacara. (Cha/ADV)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60