Menjaga Indonesia

5000 Reagen Kit Dikirim Pakai Pesawat Hercules

HABARI.ID I Sebanyak 5000 Reagen Kit dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) RI, dikirim pakai Pesawat Hercules. Demikian kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Gorontalo, dr. Triyanto Bialangi, M.Kes Sabtu (9/5/2020).

Karena terkendala dengan transportasi, sehingga pengiriman reagen kit tersebut pun melalui Pesawat Hercules, sesuai informasi dikirim pada Minggu (10/05/20).

Sembari menunggu pengiriman reagen kit itu, pihaknya pun berkoordinasi dengan BNPB RI, guna upaya pemeriksaan swap PCR pasien Covid 19, di BPOM Gorontalo.

Hasilnya pun memuaskan, yakni BNPB RI merekomendasikan Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Gorontalo, untuk meminjam 500 reagen kit ke BTKLPP (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Manado.

“Upaya yang kami lakukan ini, berdasarkan Surat Rekomendasi dari BNPB RI guna pemeriksaan swab PCR di BPOM Gorontalo. Dan sejak Jumat kemarin, laboratorium BPOM sudah beroperasi lagi,” ujar Triyanto.

Dia jelaskan lagi, ada sebanyak 20 spesimen yang dilakukan uji PCR, hasilnya satu diantaranya positif Covid 19. Meski demikian, hal tersebut tidak menambah jumlah kasus baru di Gorontalo.

“Sebab yang dinyatakan positif itu, merupakan pasien yang memang sudah terdata sebelumnya. Hingga saat ini jumlah kasus di Gorontalo, 19 orang…”

“Jumlah kasus sembuh, lebih banyak dari pada yang dirawat. Rinciannya 11 dinyatakan sembuh, tujuh dalam perawatan dan satu meninggal dunia,” tutup Triyanto.(adv/50diq/habari.id).