18 Pejabat Kota Gorontalo Teken Komitmen Bersama

oleh
pejabat
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, Sekda Kota Gorontalo, Ismail Madjid, dan Kepala Bappeda Kota Gorontalo Meydi N. Silangen, foto bersama pejabat usai penandatanganan komitmen bersama.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Sebanyak 18 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, menandatangani dokumen komitmen bersama percepatan pelaksanaan dan penyerapan program kegiatan infrastruktur, Kamis (13/01/2022) di tengah kegiatan rapat koordinasi percepatan pelaksanaan dan penyerapan program kegiatan infrastruktur Tahun 2022.

Pejabat-pejabat yang menandatangani dokumen komitmen bersama itu, termasuk Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid dan Kepala Bappeda Kota Gorontalo, Meidy N. Silangen.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha jelaskan ada enam poin yang disetujui bersama dalam dokumen komitmen bersama tersebut.

Diantaranya tentang mempedomani jadwal pelaksanaan program kegiatan infrstruktur, yang bersumber dari anggaran dana APBD, DAK dan dana PEN.

Kedua komitmen dalam mempercepat pelaksanaan lelang, sesuai jadwal dilaksanakan pada minggu ketiga Bulan Januari tahun ini.

Selanjutnya ketiga, penyelesaian kegiatan pekerjaan pembangunan fisik harus di Bulan Oktober tahun ini. Dan khusus untuk sumber dana berasal dari PEN, penyelesaiannya harus pada Bulan Agustus tahun ini.

Kemudian pada poin keempat, harus meningkatkan koordinasi antara perangkat daerah serta pihak lainnya dalam rangka harmonisasi, dan sinergitas program kegiatan infrastruktur.

Pada poin kelima Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini katakan, kaitan dengan proses pelaksanaan program kegiatan infrastruktur, harus berpedoman pada peraturan yang berlaku.

Kemudian terakhir poin enam, rapat koordinasi harus dilaksanakan masing-masing OPD terkait secara internal. Dan setiap dua bulan sekali, Ia sendiri yang akan memimpin rapat koordinasi diikuti pejabat OPD.

“Salah satu tujuan dari komitmen bersama ini, agar supaya pelaksanaan program kegiatan infrastruktur diseluruh bidang kerja, terkontrol dengan baik. Sehingga, bisa tereselesaikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan bersama,” ujarnya.

Selain itu Wali Kota Gorontalo juga tambahkan, bahwa kegiatan yang dimotori langsung Bappeda Kota Gorontalo ini, sangat baik. Karena menjadi bagian dari mewujudkan perbaikan birokrasi, dalam upaya percepatan program kegiatan strategis dan prioritas pembangunan daerah demi kepentingan masyarakat.

“Rapat koordinasi ini sangat strategis, dan bertujuan untuk percepatan pelaksanaan program kegiatan prioritas yang ada dalam dokumen pelaksanaan anggaran, pada organisasi perangkat daerah yang akan melaksanakan kegiatan infrastruktur prioritas pada tahun anggaran 2022 ..,”

Sementara itu dalam paparan Kepala Bappeda Kota Gorontalo, Hj. Meidy N. Silangen, bahwa rakor tersebut sangat perlu dan mendesak untuk dilaksanakan, guna percepatan pelaksanaan program kegiatan fisik prioritas, yang ada dalam APBD Kota Gorontalo tahun ini.

“Tentu bukan tugas yang mudah, namun dengan kapabilitas yang dimiliki oleh rekan-rekan sekalian, serta dengan kerjasama kita semua, kami yakin pelaksanaan program kegiatan prioritas dapat berjalan aman, baik, dan selesai tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati ..,”

“Terutama yang bersumber dari dana pinjaman daerah PEN daerah Kota Gorontalo. Program kegiatan infrastruktur prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini,
total anggaran fisik yang dikelola OPD Kota Gorontalo sebesar RP 299.285.369.654 ..,”

“Dengan berbagai sumber dana, masing-masing sumber dana pinjaman daerah (PEN), DAK fisik, DAK reguler baik pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Gorontalo, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, DPPKB-P3A Kota Gorontalo ..,”

“Dinas PUPR Kota Gorontalo dan terakhir adalah Dinas Perkim Kota Gorontalo, selanjutnya ada DAK penugasan. Kemudian, kegiatan infrastruktur prioritas yang dibiayai melalui DAU dengan total nilai anggaran sebesar Rp 41.417.474.476 ..,”

“Dimana anggaran DAU ini dialokasikan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Gorontalo, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo dan Dinas PUPR Kota Gorontalo ..,”

“Hasil rapat ini sangat menentukan hasil pelaksanaan, sehingga diharapkan para KPA dan PPTK strick dalam jadwal pelaksanaan kegiatan mengingat banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ini, terutama bidang cipta karya,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.