Tunjang Promosi dan Peningkatan Ekonomi, Wisata Akhir Tahun Dipusatkan di Benteng Otanaha

oleh
Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat memberikan sambutan pada pembukaan Wisata Ahkir Tahun.[foto_istimewa]

HABARI.ID I Wisata akhir tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kota Gorontalo di kawasan Cagar Budaya Benteng Otanaha, dibuka langsung Walikota Gorontalo Marten A. Taha, Sabtu (28/12/2019).

Kali ini, wisata akhir tahun dipusatkan di wilayah kota Gorontalo. Selain mempromosikan objek wisata kota Gorontalo, agenda tahunan ini juga dilakukan untuk menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.

Banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal yang memanfaatkan momentum wisata di Benteng Otanaha ini dengan menggelar dagangannya di lokasi yang sudah disiapkan.

Selama dua hari, ribuan ASN berbaur dengan masyarakat dan sebagiannya tinggal di rumah-rumah warga.

Peluang-peluang usaha bagi masyarakat ini, sangat membantu dalam meningkatkan perekeonomian keluarga. Rumah-rumah tinggal milik masyarakat, bisa dimanfaatkan OPD, sebagai tempat tinggal sementara.

“Selain itu, manfaatnya bagi peserta pun sangat baik, karena 6.172 orang pegawai Pemerintah Kota Gorontalo, baik itu ASN dan tenaga honorer, bisa memperkuat silaturahmi dengan masyarakat dan ASN bisa lebih dekat dengan masyarakat sekaligus menyatu dengan alam sekitar,” kata Wali Kota Marten Taha.

Berkaitan dengan promosi pariwisata Kota Gorontalo, dari tahun ke tahun jumlah wisatawan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Pariwisata Kota Gorontalo yang sebelumnya hanya bisa meraup PAD sebesar Rp 50 juta hingga 60 juta, sekarang meningkat 600 persen.

Dengan memperkenalkan objek wisata kawasan cagar budaya ini, tentu lebih mengangkat ekonomi UMKM di sekitaran benteng. Karena pelaku UMKM ini selain bisa menjual beraneka kuliner, juga memperdagangkan souvenir khas Gorontalo.

Selain Benteg Otanaha, pemerintah kota Gorontalo juga memiliki Kolam Renang Lahilote. Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, terus berupaya mengembangkan fasilitas itu sebagai objek wisata permandian.

“Saya berharap, melalui kegiatan wisata akhir tahun bisa membangkitkan dan mempromosikan wisata kota Gorontalo. Meningkatkan rasa cinta alam kepada masyarakat,” kata Marten.(4bink/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.