Menjaga Indonesia
Daerah

Tumbilotohe di Kota Gorontalo Dilombakan

HABARI.ID, KOTA – Seperti tahun kemarin, Festival Tumbilotohe di Kota Gorontalo akan dilombakan. Dan Tumbilotohe yang telah menjadi event nasional, Kementerian Periwisata ini, akan di-back up Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Gorontalo sebagai panitia pelaksana.

Disparpora Kota Gorontalo telah mempersiapkan event ini sejak jauh hari sebelumnya. “Kita akan melakukan survey untuk penentuan pusat pelaksanaan Festival Tumbilotohe pada 27 Ramadan nanti,” kata Kepala Dinas Parpora Kota Gorontalo, Irwan Hamzah.

Untuk tahun ini, kata Irwan, ada sembilan titik lokasi yang akan dilombakan, yang tersebar di masing-masing kecamatan.

“Setiap kecamatan itu akan kami suplay satu drum minyak tanah. Seperti apa tindak lanjut persiapannya, masih akan dibahas lagi secara internal oleh Pemerintah Kota Gorontalo,” terang Irwan.

Partisipasi masyarakat di sembilan kecamatan sangat dibutuhkan, dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Masyarakat dapat bekerjasama dengan kelurahan dan kecamatan, untuk mempersiapkan sebelum pelaksanaan.

Di tahun ini, kata Irwan, pihaknya akan memasang 10.000 lampu botol untuk menyemarakan Tumbilotohe. Sehingganya keseriusan masing-masing kelurahan, sangat dibutuhkan untuk mematangkan persiapan yang dilaksanakan oleh kecamatan.

“Karena Festival Tumbilotohe ini, menjadi bagian dari penopang Pendapatan Asli Daerah di bidang periwisata, yakni kunjungan wisatawan ke daerah tentunya akan meningkat. Bahkan sekarang ini sudah mencapai 20 persen wisatawan ke daerah,” tutup Irwan.(4bink/habari.id)