Pulihkan Ekonomi, Batu Akik Muncul Lagi

oleh
Batu
banner 468x60

HABARI.ID | Setelah sekian lama kepopulerannya meredup, kini Batu Akik di Gorontalo kembali digaungkan.

Hal itu terbukti dengan dilaksankanannya kegiatan Lomba dan Pameran Batu Akik se-Provinsi Gorontalo, Sabtu (10/07/21).

banner 468x60

Apa yg digagas oleh komunitas Samsamseng ini paling tidak menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk memulihkan ekonomi ditengah pandemi dengan membangkitkan kembali semangat para pengrajin Batu Akik di Gorontalo.

Menurut wakil ketua panitia pelaksana, Aba Noex Lihawa mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memacu kembali semangat dari para pengrajin Batu Akik.

“Pada tahun 2014 yang lalu Batu Akik ini sempat membuming, setelah tahun 2015 mulai meredup. Melalui kegiatan ini kami berencana akan membumingkan kembali  hal ini untuk semua kalangan,” ucapnya.

Sangat diluar dugaan, lomba yang diprakarsai oleh Komunitas Gorontalo Gemstone Comunity Samsamseng Grub nampaknya tak hanya mendapatkan respon dari dalam daerah saja melainkan dari luar Gorontalo.

“Seperti Makassar, Palele, Bitung dan Sulawesi Tengah dan total pesertanya sebanyak 60 peserta,” ujarnya.

banner 468x60

Pada pelaksanaannya, Aba Noex Lihawa mengatakan dalam lomba tersebut berbagai macam kategori. Diantaranya, kategori kalsedon, kategori chrysocolla kalsedon, jasper agate dan lain sebagainya.

batu
Lomba & Pameran Batu Akik oleh Komunitas Gorontalo Gemstone Comunity Samsamseng Grub bertempat di Murni Kota Gorontalo, Sabtu (10/07/21).

“Dengan melihat antusias yang ada, rencananya kami akan menggelar kegiatan ini setiap 6 bulan sekali, ”tuntasnya.

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan