PMI Distribusi Bantuan Untuk Korban Banjir Di Bonebol

oleh

HABARI.ID | Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo bersama PMI Kabupaten Bone Bolango langsung bergerak cepat merespon korban banjir yang menimpa warga di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango dengan mendistribusikan pasokan bantuan makanan hingga peralatan dapur, Jumat (26/08/2022).

Sebelumnya, hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Gorontalo sekitar empat hari lalu dari pukul 03:00 hingga 07:00 Wita. Hujan pun mulai sangat deras bahkan sampai pukul 17:00 Wita. Akibatnya, lima desa di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango terendam banjir hingga ketinggian lebih dari 1 meter.

Ketua PMI Provinsi Gorontalo Ishak Liputo mengungkapkan, setelah mendapat kabar soal bencana alam banjir tersebut ia langsung memerintahkan kepada Kepala Markas PMI untuk melakukan assesmen dan menyediakan dasar kebutuhan korban banjir. Sebab, saat kejadian itu dirinya sedang bertugas di luar daerah.

“Bantuan ini memang tidak seberapa atau alakadarnya. Namun kami dari PMI Gorontalo memberikan bantuan ini bagian dari tugas kami, sebab tugas Palang Merah yang paling menonjol adalah pelayanan darah, tanggap darurat bencana (TDB) dan penanganan konflik,” kata Ishak Liputo.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan diantaranya 50 paket popok bayi, 45 paket popok lansia, 20 karton air mineral, 20 karton mie instan, 10 sak semen, 4 box famili kit, 11 box baby kit, beberapa jox hygient kit, 2000 pcs masker dan pakaian layak pakai yang disumbangkan oleh masyarakat melalui PMI.

Sementara itu, Camat Bone Kristianto Ruchban menyampaikan bahwa bantuan dari PMI Provinsi dan Kabupaten Bone Bolango sangat membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana banjir itu. Ia menilai, bantuan tersebut sangat tepat sasaran, seperti perlengkapan bayi yang sangat dibutuhkan.

“Kami atas nama masyarakat Kecamatan Bone, Bone Bolango mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari PMI Provinsi dan PMI Bone Bolango, banyak bantuan yang sudah masuk dan sangat membantu. Kami lihat ada popok bayi, ada popok lansia, ada air mineral dan masih banyak lagi semua adalah kebutuhan darurat saat ini,” ungkap Kristianto Ruchban.

Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango memang menjadi salah satu daerah rawan banjir di Gorontalo, apalagi saat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Dengan peristiwa itu, terdapat lima desa yang tertimpa banjir, antara lain Desa Taludaa, Desa Masiaga, Desa Iloheluma, Desa Muara Bone dan Desa Mooduliyo. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.