Pemprov Gorontalo Dukung Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo

oleh

HABARI.ID | Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung penuh pelaksanaan Festival Seni Budaya Betawi Gororontalo, menurut Kepala Dinas Periwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili karnaval ini merupakan satu akulturasi kebudayaan, adat, seni dan budaya yang bakal dicatat sejarah, Kamis (17/11/2022).

Rifli Katili menjelaskan bahwa antara Gorontalo dan Betawi mempunyai ikatan emosional, baik kebudayaan, agama maupun bidang kesenian. Melalui kegiatan festival dia meyakini hubungan antara pemerintahan Gorontalo dengan DKI Jakarta akan semakin kuat.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat berterima kasih terhadap terselenggaranya festival ini, kami juga akan menampilkan Gorontalo inovasi,” ungkap Rifli Katili saat menanyambut kedatangan jajaran pengurus Lamahu dan paguhuban Betawi di Rumah Dinas Jabatan Wakil Gubernur.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo Hana Hasanah Fadel Muhammad mengungkapkan, bahwa respon masyarakat DKI Jakarta kepada warga Gorontalo dalam kegiatan karnaval tersebut. Dia berharap kolaborasi kedua budaya ini akan terus berjalan dan terus dilestarikan.

“Niat kami hanya untuk meningkatkan kebudayaan, melestarikan kebudayaan yang ada, karena akan ada banyak anak-anak muda yang tampil di festival. Sejauh ini belum pernah ada kolaborasi kebudayaan seperti ini belum pernah kegiatan yang seluruhnya mengangkat tentang Betawi, hanya kali ini saja,” jelas Hana Hasanah.

Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Imam Hadi Purnomo menilai potensi pariwisata di Provinsi Gorontalo sangat besar, ia berharap antara Gorontalo dan DKI Jakarta bisa bekolaborasi untuk mempromosikan destinasi wisata Gorontalo ke masyarakat Jakarta.

“Diplomasi budaya semacam ini mudah-mudahan kita bisa bekerjasama, masyarakat Jakarta bisa ke Gorontalo dan sebaliknya. Apalagi banyak potensi pariwisata di Gorontalo, memang banyak sekali kemiripan antara kedua daerah ini, baik agama maupun budaya,” tandasnya. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.