Moment Hari Disabilitas Internasional, Adnan Berharap Hak Penyandang Disabilitas Bisa Terwujud

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, DEPROV | Provinsi Gorontalo merayakan Hari Disabilitas Internasional, momen itu membawa kabar baik melalui Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Adnan Entengo Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, menyampaikan harapannya agar hak-hak disabilitas dapat terwujud melalui inisiatif perundang-undangan yang terbaru ini.

Perda yang baru disahkan ini memberikan sinar harapan bagi komunitas disabilitas di Gorontalo. Adnan menyebutnya sebagai langkah luar biasa menuju inklusi dan keadilan. Perda ini bukan sekadar peraturan tapi adalah simbol perubahan dan kemajuan untuk hak-hak yang setara bagi semua warga Gorontalo.

banner 468x60

“Pengalokasian anggaran menjadi titik fokus utama Perda ini. Kami memastikan adanya keadilan finansial bagi penyandang disabilitas. Inovasi ini diharapkan akan menciptakan keberlanjutan dalam mendukung inklusi dan memastikan dana yang memadai untuk mewujudkan hak-hak disabilitas,” ungkap Adnan.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menerangkan bahwa Perda tersebut membuka jalan bagi kemitraan antara sektor publik dan swasta, membangun landasan yang kuat untuk lingkungan inklusif.

“Ini bukan hanya tentang memenuhi kewajiban hukum, tetapi juga menggalang dukungan bersama dalam menciptakan masyarakat yang ramah disabilitas,” jelasnya Adnan kala menghadiri hari disabilitas internasional, Minggu (03/12/2023).

Di sektor ketenagakerjaan, Perda ini memberikan penekanan khusus pada rekrutmen tenaga kerja dari kalangan disabilitas. Menurutnya pihak legislatif ingin menciptakan peluang setara di dunia kerja bagi semua individu, termasuk disabilitas.

Unit layanan disabilitas di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi langkah nyata menuju kemudahan memberikan layanan publik yang lebih baik bagi penyandang disabilitas.

banner 468x60

“Kami berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan dan memastikan setiap OPD memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan disabilitas,” ucapnya. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di