KPU Kota Gorontalo Siap Gelar Tahapan Pemilu 2024 Mendatang

oleh

HABARI.ID | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo telah siap melangsungkan seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Seiring dengan telah diluncurkan tahapan penyelenggaraan Pemilu secara virtual, Selasa (14/06/2022).

Tahapan Pemilu berlangsung selama 20 bulan sebelum proses pemungutan suara dihitung mundur, yang telah diputuskan pada tanggal 14 Februari 2024 akan datang.

“Setelah launching tahapan ini, maka langkah awal saat ini adalah pendaftaran dan verifikasi partai politik. Mekanismenya secara regulasi, prosesnya dilakukan di KPU RI dulu,” kata Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin Saleh Taib.

Sukrin menjelaskan, seluruh partai politik harus mendaftar lebih dahulu ke KPU RI sebelum dilakukan proses verifikasi administrasi dan faktual di KPU Kabupaten dan Kota bulan Agustus nanti.

“Kalau sekarang kami masih menunggu teman-teman dari partai politik untuk mendaftar di KPU RI. Di tahun ini pula ada proses pemutahiran data Pemilu sudah dimulai, dan rekruitmen penyelenggara Ad Hoc di bulan Oktober sampai Desember,” jelas Sukrin.

Ia mengungkapkan bahwa di dalam proses verifikasi nanti sedikit ada perbedaan antara parpol lama dan baru. Menurutnya, jika parpol lama hanya dilakukan verifikasi berupa administrasi saja.

“Untuk parpol baru prosesnya verifikasi administrasi dan faktual. Namun, kita akan lihat dulu parpol yang mendaftar di KPU RI, kalau sekarang yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM berjumlah 75 parpol,” ungkapnya. (Dik/Habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.