Kota Gorontalo dan Ternate Punya Kemiripan dalam Budaya

oleh
Habari.Id
banner 468x60

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Pemerintah Kota Gorontalo melabuhkan tujuannya ke Kota Ternate Maluku Utara untuk belajar pengelolaan wisata budaya kota tua. dikenal dengan peninggalan kerajaan dan kesultanan yang tersohor, Ternate menjadi pusat destinasi wisata domestik maupun manca negara.

Walikota Gorontalo dalam kunjungannya senin (04/12/2023), mengatakan keberadaan obyek wisata yang ada dikota Ternate kaya akan sejarah peninggalan kebudayaan (heritage). Demikian juga dengan tidore kepulauan kaya akan budaya yang kental.

banner 468x60

“Sebagai kota bersejarah, ternate dan tidore kepulauan memiliki berbagai peninggalan kebudayaan (heritage) baik yang bersifat artefaktual (kebudayaan material) maupun kebudayaan non material (nilai dan tradisi)” terang Marten.

Menurut Marten kebudayaan dan potensi wisata yang ada dikedua daerah punya kemiripan dengan kota gorontalo, dimana Gorontalo juga merupakan daerah peninggalan kerajaan. Berdasarkan kemiripan tersebut, penting bagi Marten untuk mengadopsi pengelolaan potensi menjadi aset bernilai untuk pendapatan daerah.

Dalam pertemuan dengan pemerintah kedua daerah itu, Marten memaparkan profil pariwisata kota Gorontalo yang didukung perda nomor 11 tentang 2016 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah (Ripparda) tahun 2016-2026.

“kedepannya, kebijakan pengembangan pariwisata kota gorontalo akan lebih diarahkan untuk pengembangan kawasan wisata budaya kota tua (heritage)” kata Marten.(bnk/habari.id).

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di