Kadis PMD Pohuwato Minta Penyelenggara Pilkades Bersikap Netral

oleh

HABARI.ID | Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Pohuwato, Muzna Giasi meminta panitia penyelenggara pemilihan kepala Desa (Pilkades) untuk netral dalam bertugas. Jum’at (13/05/2022).

“Poin utama itu, panitia tidak memihak kepada salah satu calon. Panitia tidak boleh kampanye, tidak jadi tim sukses. Tidak boleh memihak kesiapa saja. Harus netral,” terang Kepala Dinas PMD Kabupaten Pohuwato, Muzna Giasi.

Hal itu disampaikannya saat roadshow sosialisasi Pilkades di 13 kecamatan, dimana ada 62 desa di Kabupaten Pohuwato yang akan menyelenggarakan pilkades serentak tahun 2022 .

Dirinya juga mengatakan untuk pembentukan dan pemilihan panitia dalam pilkades nanti haruslah terbuka untuk umum.

“Perangkat desa hingga profesi guru dibolehkan menjadi panitia pelaksana penyelenggaraan pemilihan kepala Desa. Namun demikian panitia pilkades diminta mengikuti aturan yang berlaku. Sering terjadi seperti itu apalagi sebagian besar panitia itu dari aparat Desa. Dari profesi guru juga boleh,” ujarnya.

Selain hal itu, Muzna juga mengutarakan terkait jadwal pemilihan pilkades akan digelar tanggal tanggal 11 Agustus 2022.

“Menurut catatan Dinas PMD, panitia penyelenggara pilkades telah terbentuk di masing-masing Desa. Pada tahapan ini, Dinas PMD akan banyak memberikan pembekalan kepada panitia penyelenggara,” jelas Muzna.

“Baru sosialisasi panitia yang ada di masing-masing Desa. Panitia sudah dibentuk, tinggal pembekalan, pembinaan dan penyampaian aturan aturan tentang panitia penyelenggara. Pemilihan tanggal 11 Agustus,” pungkasnya. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.