Gorontalo Ukir Sejarah di Hari Kemerdekaan RI ke 75

oleh
Sejarah, Kemerdekaan.
Detik-detik prosesi pengibaran Bendera Merah Putih pada pelaksaan Upacara Kemerdekaan RI ke 75 di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo.
HABARI.ID I Upacara peringatan Kemerdekaan RI (Republik Indonesia) ke 75 tahun ini, menjadi sejarah baru bagi seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Sejarah baru di momen Kemerdekaan RI ke 75 itu, adalah pelaksanaan upacara yang dipimpin langsung Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa, sebagai inspektur upacara digelar di Rumah Dinas Gubernur Gorontalo Senin (17/08/2020).

Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa sendiri, mengucapkan terima kasih dan bangga kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, karena telah mempercayakan dirinya sebagain inspektur upacara yang sakral itu.

“Saya mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang telah mempercayakan saya sebagai inspektur upacara. Itu suatu hal yang luar biasa buat saya, suatu kehormatan,” Suharsokepada media.

Usai memimpin upacara, Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa, foto bersama dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Menurutnya, ini adalah sebuah sejarah bahkan pertama kalinya seorang pejabat negara (Menteri), mejadi inspektur upacara pada peringatan hari kemerdekaan RI.

“Selain merasa bangga, bagi saya ini adalah sebuah sejarah Menteri menjadi inspektur upacara pada hari kemerdekaan RI. Karena, biasanya kegiatan seperti ini dipimpin langsung oleh Kepala Negara atau Kepala Daerah,” jelas Suharso.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah,” timpal Suharso dengan bahagia kepada awak media.

Suharso menyampaikan bahwa dia tidak menyangka, akan dipilih menjadi inspektur upacara di hari kemerdekaan RI. Karena Kementerian RI juga telah memepersiapkan upacara melalui via daring yang di gelar di istana Negara.

“Sebernarnya kami juga mengikut detik-detik proklamasi di istana merdeka, tetapi tidak semua yang hadir, jadi kami hanya bisa mengikuti melalui vicon …”

“Dan kami sudah mempersipkan Vicon, tetapi karena diminta untuk menjadi inpektur upacara disini (rumah dinas gubernur) jadi suatu kehormatan maka saya laksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Diketahui bersama, dalam pelaksanaan upacara tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dan bertindak sebagai pembaca teks proklamasi Ketua DPRD Paris Yusuf.

Sementara yang bertindak sebagai komandan upacara, bukan lain adalah Alumni Akademi Militer tahun 2002 Letkol Inf. Donny Gredinand.

Untuk petugas mengibarkan benderah merah putih, Chikal Triwahyuni bertindak Pembawa Bendera, Zulkifli Umar sebagai penggerek, dan Mohamad dan Ardiyanto Langango bertugas sebagai pembentang.(sodik/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *