GoMT Lebih Cepat Melayani dan Menginformasikan Kepada Masyarakat

oleh
masyarakat
Habari.Id

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Pelayanan administrasi kependudukan di Kota Gorontalo khususnya tingkat Kelurahan, yang sebelumnya bersifat manual dan terasa sulit, sekarang dan seterusnya dipastikan sudah lebih cepat.

Pasalnya, Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo sukses melahirkan inovasi, program digitalisasi administrasi kependudukan yang lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Program inovasi dilahirkan instansi yang dinakhodai Daud Rafertian Panigoro itu, yakni GoMT atau disebut aplikasi Gorontalo Masyarakat Terpadu.

Jebolan IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) angkatan 18 ini jelaskan, semua kalangan masyarakat bisa mengakses aplikasi tersebut melalui Handphone Android, sebab aplikasi GoMT ini terdapat di Play Store semua jenis Handphone android.

Eks Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Gorontalo ini tambahkan, dalam satu aplikasi GoMT tersebut terdapat berbagai fitur baik dalam bentuk pelayanan dan pemberian informasi penting.

Mulai dari GoNews yang menyajikan informasi tentang Pemerintahan Kota Gorontalo, juga dikemas dalam bentuk berita. Selanjutnya GoCuaca, yakni informasi tentang kondisi cuaca Kota Gorontalo.

Kemudian GoWifi, sebuah fitur yang menyajikan tentang lokasi-lokasi Free atau gratis internet di wilayah Kota Gorontalo. GoUMKM fitur menyajikan tentang informasi penting tentang UMKM, bahkan bisa mejadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan usahanya.

Berikut adalah Go Tanggap Covid-19, dimana merupakan fitur yang menyajikan seluruh informasi tentang penanganan pandemi Covid-19, dan capaian vaksinasi. Sementara GoSiaga, adalah fitur informasi penting penanganan bencana termasuk layanan kepolisian.

Selanjutnya GoLapor, sebuah fitur yang secara khususu disediakan untuk masyarakat menyampaikan berbagai informasi dan aspirasi, yang ditujukan kepada Pemerintah Kota Gorontalo.

Terakhir adalah Kemudian GoKelurahan dalam rangka memudahkan masyarakat, untuk melakukan pengurusan dokumen administrasi yang dibutuhankan masyarakat.

“Aplikasi ini kedepannya, akan terus kami kembangkan. Dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan dan informasi kepada masyarakat ..,”

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Gorontalo, dalam hal ini Wali Kota Gorontalo yang telah memberikan dukungan atas peluncuran aplikasi GoMT,” ujarnya.

Sisir 9 Kelurahan, Wali Kota Sosialisasikan Aplikasi GoMT

MESKI sudah melaunching aplikasi GoMT pada akhir tahun 2021 di Bulan Desember lalu, Wali Kota Gorontalo Dua Periode Marten Taha turun langsung dalam menyosialisasikan aplikasi GoMT, di sembilan kelurahan yang ada di sembilan kecamatan Jumat (18/03/2022).

Sembilan kelurahan yang menjadi pilot project pelaksanaan dan penerapan layanan aplikasi GoMT ini, mulai dari Kelurahan Pulubala, Ipilo, Limba U I dan terakhir adalah Kelurahan Tomulabutao.

Menurut eks Ketua DPRD Provinsi Gorontalo ini, aplikasi GoMT adalah sebuah inovasi terbaik oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo, dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi pelayanan administrasi kependudukan di tingkat kelurahan dan kecamatan, yang diketahui bersama masih menjadi persoalan klasik.

“Sekarang, dengan adanya aplikasi GoMT yang bisa diakses seluruh masyarakat melalui Handphone Android, tentu lebih memudahkan pelayanan dari Pemerintah Kota Gorontalo untuk masyarakat ..,”

“Pengurusan dokumen kependudukan baik itu akta kematian, kelahiran dan lain sebagainya bisa dilakukan di rumah masing-masing melalui aplikasi GoMT di Handphone Android ..,”

“Bahkan masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi aktual kegiatan Pemerintah Kota Gorontalo di aplikasi ini, pengaduan, informasi cuaca sampai dengan penanganan pandemi Covid-19 juga pelaksanaan vaksinasi ..,”

“Tidak hanya itu, aplikasi ini menjadi wadah bagi masyarakat pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha ..,”

“Katakanlah sekitar 200 ribu lebih masyarakat Kota Gorontalo sudah mengakses aplikasi GoMT, tentu produk UMKM Kota Gorontalo otomatis bisa diakses oleh pengguna aplikasi ini ..,”

“Sehingga, saya sebut aplikasi GoMT merupakan sistem digital multi fungsi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat ..,”

“Kami Pemerintah Kota Gorontalo, mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.