Fadel Yakin Kolaborasi Budaya Betawi dan Gorontalo Tingkatkan Promosi Wisata

oleh

HABARI.ID | Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua Lamahu Fadel Muhammad meyakini, kolaborasi kebudayaan antara Betawi dan Gorontalo melalui kegiatan Festival Seni Budaya dapat meningkatkan promosi potensi pariwisata di destinasi wisata Gorontalo yang kaya akan keindahan alam, keberagaman budaya dan kearifan lokal, Sabtu (19/11/2022).

Gelaran Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Lamahu dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang telah terjalin sejak lama. Kegiatan yang berpusat di Taman Budaya Limboto itu pun menjadi ‘atraksi’ yang disuguhkan bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo.

Fadel Muhammad mengungkapkan, penampilan budaya Betawi dan Gorontalo, baik tarian, pakaian adat maupun alat musik tradisional itu merupakan satu dari sekian banyak keberagaman budaya yang tersebar di seluruh nusantara. Olehnya ia akan mempromosikan keberagaman budaya ke tingkat nasional.

“Festival ini harus berkesinambungan, supaya budaya bisa kita angkat ke permukaan. Dengan mengangkat budaya saya yakin pariwisata akan tumbuh, kalau wisata Gorontalo semakin maju dan berkembang maka akan meningkatkan pendapatan daerah. Makanya momen ini menjadi ajang promosi kekayaan wisata daerah” jelas Fadel Muhammad.

Mantan Gubernur Gorontalo itu menjelaskan bahwa daya tarik wisata bakal ditentukan oleh kreativitas pemerintah daerah melalui promosi. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menunjukan satu langkah tepat dalam mempromosikan budaya dan destinasi wisata melalui karnaval seni budaya.

“Saya gembira sekali melihat berbagai penampilan seni budaya, dan ini juga telah ditampilkan pada kegiatan serupa di DKI Jakarta. Terselenggaranya festival ini juga tal lepas dari respon baik dari Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo sangat menyambut baik kerjasama dengan Lamahu dalam mempromosikan budaya dan pariwisata Gorontalo. Apalagi banyak seni budaya yang ditampilkan antara Betawi dan Gorontalo, mulai dari palang pintu tarian serta pakaian adat masing-masing daerah.

“Kebudayaan itu adalah kekayaan, keunikan dan kebanggan yang menjadi peradaban bangsa Indonesia. Maka dengan kolaborasi kebudayaan ini sangat penting untuk terus dilaksanakan, kita bergembira dengan Betawi, karena akan memberi promosi bagi Gorontalo,” tandasnya. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.