Menjaga Indonesia

Endapan Lumpur di Mumangaa Timur Masih Menggunung

HABARI.ID I Endapan lumpur menutupi sejumlah banguan rumah warga di Desa Mumangaa Timur Dusun 3, masih menggunung. Bercampur material bebatuan, ranting dan batang pohon serta reruntuhan bangunan rumah yang terbawa arus banjir bandang.

Tak ingin berharap dari uluran tangan Pemerintah Daerah, sejumlah warga setempat memilih memberisihkan endapan lumpur yang masih mengendap di bangunan rumah mereka. Dengan bermodalkan alat seadanya, seperti linggis tanah, sekop pasir dan cangkul.

Pantauan habari.id di lokasi Jumat (18/09/2020), warga setempat selain sibuk membesihkan endapan lumpur, ada juga yang mulai memperbaiki atap bangunan rumah mereka, meski dibagian bangunan rumah mereka masih dipenuhi lumpur yang sudah mengeras.

Desa Mamungaa timur Dusun 3 sejak awal pasca bencan banjir bandang, sampai dengan sekarang masih begitu ramai dengan pengunjung yang andil mengurangi beba derita masyarakat.

Sejumlah pejabat Pemerintah Kota Gorontalo dipimpin Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, meninjau kondisi Desa Mumangaa Timur, usai menyalurkan bantuan di Posko Utama.(f/bink).

Ribuan bantuan dari berbagai elemen masyarakat, organisasi, pelajar, mahasiswa, pengusaha dan pemerintah daerah terus berdatangan.

Ada yang menyerahkan bantuan melalui Posko Utama Penanggulangan Bencana Kecamatan Bulawa, ada pula yang secara langsung membagikan bantuan kepada korban bencana.

Tidak terkecuali Pemerintah Kota Gorontalo, yang menyumbangkan bantuan sebanyak 2,5 ton beras, ratusan butir telur, mie instan.

Pakaian layak pakai sampai dengan ribuan obat-obatan bagi masyarakat korban bencana di Kecamatan Bulawa.

Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelaskan, bantuan yang disalurkan Pemerintah Kota Gorontalo untuk masyarakat korban bencana di Kecamatan Bulawa ini, tidak dianggarkan melalui APBD Kota Gorontalo.

Tetapi murni partisipasi dari seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, mulai dari sekretariat Kota Gorontalo, Organisasi Perangkat Daerah, lembaga pendidikan sampai dengan keluarhan.

“Bantuan yang kami salurkan ini, adalah betuk kepedulian kami terhadap bencana yang dilami oleh masyarakat Kabupaten Bone Bolango …”

“Semoga bantuan ini bisa mengurangi beban yang dialami oleh masyarakat korban bencana,” ungkap Marten.(bink/habari.id).