Menjaga Indonesia

Dinas PMD Dukcapil Berharap Hasil Rakor Tekrenbang Terrealiasi Tahun 2021

HABARI.ID I Slamet Bakri, Kepala Dinas PMD Dukcapil (Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil) Provinsi Gorontalo berharap, hasil Rakor Tekrenbang (Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan) Regional I, bisa terrealisasi tahun 2021.

Senin (09/03/20) Slamet katakan, program yang diusulkan Dinas PMD Dukcapil pada Rakor Tekrenbang. Diantaranya penguatan desa, pemanfaatan TTG (teknologi tepat guna) serta peremajaan alat perekaman KTP elektronik.

“Hasil rapat ini akan kami tindak lanjuti pada Musrenbangnas (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional tahun ini, yang akan dilaksanakan Bulan April mendatang,” ujar Slamet.

Selain itu Slamet ungkapkan, pihaknya juga mengusulkan pembinaan dan pembangunan tata kelola pemerintah, dengan sub kegiatan PPTD (Penguatan Pembinaan Teknis Pemerintah Desa).

Termasuk pemberdayaan lembaga kemasyarakatan perdesaan, bekerjasama dengan kabupaten dan kota. Dimana mendorong pengembangan lima desa, sebagai destinasi wisata unggulan.

“Kami juga sangat berharap ada program peningkatan pelayanan sosial dasar masyarakat desa, untuk mencegah stunting. Sementara untuk usulan ajungan Dukcapil Mandiri, agar bisa dimanfaatkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan,” tutup Slamet.(ADV/4bink/habari.id).