Menjaga Indonesia

4 KPUD Sibuk Siapkan PSU

HABARI.ID, GORONTALO – Empat KPUD, masing-masing Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara dan KPUD Kabupaten Pohuwato, Sabtu (27/04/2019), masih akan disibukkan dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Empat KPUD.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mengatakan, ada 10 TPS yang tersebar di empat daerah yang akan melaksanakan PSU.

Untuk PSU di Kota Gorontalo, ada tiga TPS, TPS 2 Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah, TPS 1 Kelurahan Limba U 1 Kecamatan Kota Selatan dan terakhir TPS 12 Kelurahan Heledulaa Utara Kecamatan Kota Timur.

Di Kabupaten Gorontalo, hanya satu TPS, yakni TPS 10 yang terletak di Desa Luhu Kecamatan Telaga. Sedangkan Kabupaten Gorontalo Utara 3 TPS masing-masing, TPS 2 Desa Jembatan Merah Kecamatan Tomulito, TPS 1 Desa Moluo dan TPS 4 Desa Titidu Kecamatan Kwandang.

Sementara untuk PSU di kabupaten Pohuwato, juga ada 3 TPS. TPS 3 Desa Buntulia Jaya Kecamatan Duhiadaa, TPS 4 Desa Panca Karsa Kecamatan Taluditi dan TPS 2 Desa Malco Kecamatan Popayato.

Menurutnya jumlah pemilih yang mengikuti PSU ini, adalah 2 persen dari jumlah total DPT di masing-masing daerah.

“Jumlah total pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mengikuti PSU ini sebanyak 2.289 jiwa. Kota Gorontalo sebanyak 693 pemilih, Kabupaten Gorontalo 230 pemilih, Kabupaten Gorontalo Utara 665 pemilih, untuk Kabupaten Pohuwato 585 pemilih,” ujar Ketua KPU.

Sedangakan surat suara yang sudah di distribusi ke masing-masing TPS, sebanyak 4.571 lembar. Mulai dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 2.289 lembar, surat suara DPD RI 1.141 lembar, ssurat suara DPR RI 1.141 lembar.

Pembangunan TPS sendiri, sudah dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Penganggaran pembangunan TPS di masing-masing daerah ini, dimaksimalkan oleh setiap Sekretariat KPU Kabupaten dan Kota. Kami berharap, pelaksanaan PSU ini akan berlangsung baik dan aman, kami berharap juga semua pihak untuk terlibat dalam pengawasan dan pengamanan PSU ini,” tutur Ketua KPU.(abink/habari.id)