Menjaga Indonesia

Sterilkan Jalan Utama, 2 Water Canon Milik Polda Dikerahkan

HABARI.ID I Sterilkan jalan utama Limboto-Telaga, 2 water canon dikerahkan Polda Gorontalo untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Polda Gorontalo ini, masih menjadi bagian dari penanganan Covid 19.

Bersama beberapa unit mobil Damkar, water canon yang berisi cairan disinfektan, langsung mengguyur jalan utama. 2 unit water canon mulai menyemprot jalanan beraspal menuju arah berlawan. 1 unit ke arah Limboto, sementara 1 unit water canon lainnya menuju jembatan Telaga.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan upaya pencegahan wabah Covid 19, dilakukan dengan berbagai cara termasuk mensterilkan fasilitas umum yang ada.

Kendaraan water canon ini dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan di ruas jalan utama Gorontalo, start dari Mabes Polda Gorontalo.

“Kami bersama Polda Gorontalo melakukan penyemrotan ini, sebagai upaya sterilisasi dan membebaskan ruang publik dari kemungkinan adanya virus Corona,” ungkap Rusli Habibie.

Di tempat yang sama, Kapolda Brigjen Pol. Drs. Adnas. M.Si, menjelaskan langkah sterilisasi jalan utama Limboto-Telaga ini, menggunakan disinfektan yang mengandung benzalkonium chloride di bawah nol persen, yang relatif aman bagi manusia.

Sesuai imbauan WHO setiap ruang publik harus disterilkan dengan menggunakan bahan yang aman untuk manusia.

“Penyemprotan ini diharapkan tidak akan berdampak negatif terhadap manusia, baik petugas maupun masyarakat. Kita ingin sterilkan jalanan yang ramai lalu lalang kendaraan,” kata Adnas.

Selain itu, Kapolda juga mengungkapakan gerakan serentak ini akan dilakukan hingga kondisi benar-benar aman dari penyebaran Covid 19.

“Jumlah personil yang di turunan ini khususnya TNI dan Polri kurang lebih sekitar 300,” kata Adnas.(dwi/habari.id)