Menjaga Indonesia

Pasar di Kabgor Bakal Ditutup Lagi

HABARI.ID I Seluruh pasar di Kabgor (Kabupaten Gorontalo) bakal ditutup lagi, kalau sikap masyarakat tidak patuh terhadap penerapan protokol kesehatan. Begitu penegasan Nelson Pomalingo, Bupati Gorontalo saat menggelar inspeksi mendadak di Pasar Limbot Sabtu (25/07/2020).

Dia jelaskan bahwa pasar adalah tempat dengan aktivitas yang begitu padat, dan benar-benar harus dijamin penerapan protokol kesehatannya secara maksimal, tidak terkecuali Pasar Limiboto.

“Penyebaran Covid-19 di Gorontalo terus bertambah, kemungkinan besar pasar akan kembali ditutup dan itu bisa kami lakukan …”

“Tutup atau tidaknya pusat perdagangan, tentu tergantung dari sikap semua masyarakat baik pedagang dan pembeli, patuh terhadap protokol kesehatan,” tegas Nelson.

Inspeksi mendadak yang dilakukan jajarannya tersebut, salah satunya untuk mengevaluasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan pusat perdagangan di Kecamatan Limboto.

Inspeksi ini membuahkan hasil untuk jajarannya Pemerintah Kabupaten Gorontalo, yakni menemukan tiga hal menjadi kelemahan yang berpotensi memicu penyebaran virus Corona.

“Saya lihat tempat cuci tangan itu masih kurang, padahal itu wajib, harus disediakan, itu diwajibkan untuk seluruh pemilik toko atau usaha,” tegas Bupati Nelson Pomalingo.

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan, sudah cukup tinggi. Dan dirinya berharap, hal tersebut dipertahankan dan ditingkatkan.

“Pengaturan penjualan masih berdesakan, tadi saya lihat ada banyak pejalan yang jualan di tengah jalan, ini membuat arus gerak pembeli jadi tersendat dan akhirnya terjadi penumpukan, itu harus segera diatur kembali,” kata Bupati Nelson Pomalingo.

Menariknya, tugas Dinas Perhubungan Kabgor menjadi sorotannya saat inspeksi mendadak tersebut. Dia temukan bahwa, tempat parkir kendaraan dan arah masuk keluar kendaraan belum tertata.

“Bentor itu, jangan masuk ke pasar sehingga jalan bagi para pembeli, saya minta Dinas Perhubungan segera mengatur itu, saya akan mengecek lagi dekat-dekat ini,” kata Bupati.(dwi/habari.id).