Dekranasda Gorontalo Terus Dorong Diversifikasi Produk Kerajinan

oleh
Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah (duduk, tengah) berfoto bersama peserta usai membuka Pelatihan Diversifikasi Produk, yang digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, di hotel Golden Sri Pohuwato, Senin, (29/7/2019). (Foto : Andika Humas)

HABARI.ID, GORONTALO – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo Idah Syahidah mendorong para pengrajin khususnya yang ada di Kabupaten Pohuwato, untuk diversifikasi produk kerajinan yang dihasilkan.

Hal ini terlihat saat istri Gubernur Gorontalo ini menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Diversifikasi Produk, yang digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, di hotel Golden Sri Pohuwato, Senin, (29/7/2019).

Dalam sambutannya Idah menyampaikan pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo sudah sangat beragam utamanya yang dikelola kaum perempuan.

Untuknya melalui pelatihan ini, diharapkan dapat membuka wawasan para peserta agar lebih kreatif, inovatif dan berkualitas serta hasil produksnya bernilai jual tinggi.

“Pada dasarnya perempuan itu harus melakukan semuanya. Perempuan itu harus berinfomasi,harus cermat, harus cerdas dan harus hemat, apalagi kaum ibu ibu tentu saja harus lebih kreatif. Untuknya diperlukan pelatihan-pelatihan seperti yang dilaksanakan pada hari ini,” kata Idah

Ketua TP.PKK Provinsi Gorontalo ini juga menambahkan berbagai produk yang dihasilkan bisa memperoleh perhatian penuh dari pemerintah daerah selama produk tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. Karena kedudukan sektor kerajinan sangat penting dan strategis untuk kemajuan ekonomi rakyat.

“Mengingat perannya yang penting dan strategis, serta potensinya yang sangat besar maka kerajinan produk seperti ini perlu digali, dilestarikan, dibina dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya.

Untuknya mengapa melalui LPP Sweet Media yang didalamnya saya juga selaku pembinan, kami membina kaum ibu ibu untuk bisa menciptakan berbagai produk hasil olahan dari berbagai macam bahan bekas dan selanjutya kita pasarkan,”imbuhnya.

Idahpun berharap semoga pelatihan yang akan berlangsung hingga esok hari (red-Selasa) ini dapat berlangsung dengan lancar dan dapat memperoleh hasil yang maksimal sehingga tujuan pelatihan ini memajukan dan mensejahterakan pengrajin dapat tercapai.

Pelatihan diversifikasi produk kerajinan daerah ini dihadiri kurang lebih 25 orang peserta, dimana sebagian peserta yang hadir merupakan binaan dari LPP Sweet Media.

Adapun produk yang ditampilkan dalam pelatihan tersebut diantaranya, produk olahan makanan, kreasi bunga, kreasi kipas, kreasi asbak, kreasi tempat tissue dan lain sebagainya.(Echin/HumasPemprov/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.