Menjaga Indonesia
Daerah

18 Desa di Kabgor Sudah Jalankan Program KOTAKU

HABARI.ID I Sudah 18 Desa di Kabgor (Kabupaten Gorontalo), yang menjalankan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) tahun 2020. Kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, program tersebut sudah dijalankan Pemerintah Kabgor sejak tahun 2017 lalu.

Dan Nelson kataka lagi, jumlah 18 Desa ini merupakan bagian dari 25 desa dan kelurahan di Kecamatan Telaga dan Limboto, yang sebelumnya diusulakan melaksanakan program KOTAKU.

“Dari 25 desa dan kelurahan di dua kecamatan, hanya 18 desa yang melaksanakan dengan baik program KOTAKU ini. Sehingga masih ada tujuh desa dan kelurahan yang belum menuntaskan program KOTAKU,” ujar Nelson.

Nelson berharap hasil dari pelaksanaan program kegiatan tersebut, agar dipelihara oleh masyarakat. Karena melalui program kegitan tersebut, masyarakat bisa menjalakan aktivitasnya denga baik.

“Program KOTAKU ini bagus sekali. Karena sarana prasarana masyarakat diperbaiki, terutama yang ada di wilayah kumuh. Saya berharap infrastruktur ini dapat dipelihara dengan baik oleh masyarakat,” terany Nelson.

Kedepan program ini akan menyasar seluruh wilayah kumuh di Kabupaten Gorontalo, mulai dari Telaga cs, Limboto cs dan Kecamatan Tibawa.

“Rencana ini sudah menjadi target kami dalam melaksanakan pembangunan kedepan. Kenapa demikian, karena kami melihat di tiga wilayah itu akan mengalami perkembangan pesat dari permukiman yang padat,” Nelson.

Dan pada tahun ini program KOTAKU yang diresmikan Nelson, yakni di Desa Mongolato Kecamatan Telaga.

Diantaranya program paving blok, fasilitas umum seperti tempat MCK (Mandi, Cuci dan Kakus), drainase lingkungan, jembatan dan saluran pembuangan air limbah.(Ver/habari.id).